aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kebiasaan Menatap Layar Gadget Terlalu Lama Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua

Friday, 17 November 2017 15:50:26 WIB | Yuriantin
Kebiasaan Menatap Layar Gadget Terlalu Lama Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua

TABLOIDBINTANG.COM - Ada yang bilang usia seseorang bisa dilihat dari kondisi lehernya. Namun perawatan kulit leher masih kerap terlupakan atau dianggap sepele. 

Padahal, garis-garis horizontal yang muncul di leher merupakan tanda-tanda penuaan. Sebabnya usia dan kebiasaan sehari-hari, sama seperti penyebab munculnya kerutan pada wajah. 

"Semakin banyak aktivitas kita yang menyebabkan kulit terlipat, garis-garis halus dan kerutan akan mulai muncul," papar dokter kulit asal New York, Dr. Joshua Zeichner. 

Sinar matahari, merokok dan warna kulit memicu timbulnya kerutan pada leher. Ketika kulit rusak, kolagen dan elastin tidak bekerja maksimal sehingga kulit tidak bisa kembali pada bentuknya semula seperti seharusnya setelah terlipat. Mereka yang berwarna kulit terang juga lebih rentan alami kerutan di usia dini dibanding mereka yang berkulit gelap. 

Dikutip dari laman Instyle, kebiasaan menunduk melihat layar gadget juga bisa memicu kerutan dini di leher atau yang dikenal dengan fenomena tech neck. 

"Kita kini lebih sering menunuduk (melihat layar gadget) dan membuat kulit leher terlipat. Hal ini yang berkontribusi pada peningkatakn kerutan di leher pada pasien yang lebih muda," sambung Joshua. 

Dok. tabloidbintang.com
Dok. tabloidbintang.com

Salah satu solusi adalah mencegahnya dengan menggunakan produk anti aging di bagian leher. Termasuk kulit yang tipis, kulit leher wajib dilindungi dengan antioksidan dan tabir surya. 

Krim berbahan dasar retinol yang diformulasikan untuk wajah, leher dan dada bisa digunakan. Fungsinya untuk menstimulasi kolagen.

(yuri / gur)

Komentar