aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Trik Agar Wajah Tidak Terlalu Cepat Terlihat Tua

Thursday, 19 October 2017 23:30:00 WIB | Rizki Adis Abeba
Trik Agar Wajah Tidak Terlalu Cepat Terlihat Tua
Awet muda dambaan setiap wanita (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menjadi awet muda tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Siapa yang tak ingin seperti Puspa Dewi? Wanita ini mendadak viral karena di usia 50 tahun penampilannya selayaknya gadis usia 20-an. Sayangnya, penuaan merupakan proses alami yang tidak bisa dihindari. “Penuaan terjadi pada semua makhluk hidup, terjadi di dalam dan luar tubuh,” urai dr. Fitria Amalia, Sp.KK di acara beauty talk show “I Believe The Beauty in Me, I Believe Kinohimitsu” pada Kamis (19/10).

Penuaan memang tidak bisa dihindari, namun bisa diperlambat. Kunci untuk memperlambat penuaan, menjaga jumlah kandungan kolagen dalam tubuh. Mengapa kolagen? “Kolagen merupakan protein yang mengikat dan membentuk struktur tubuh kita. Di kulit, jumlah kandungan kolagen mencapai 70 persen. Kolagen lah yang membuat kulit tetap kenyal dan kencang,” urai dokter yang akrab disapa Amel. 

Masalahnya, jumlah produksi alami kolagen dalam tubuh akan terus menurun setiap tahun. Dan berkurang drastis ketika wanita memasuki masa menopause. Meski ada treatmen kecantikan yang menawarkan asupan kolagen untuk kulit, menurut Amel cara itu kurang efektif. “Tingkat penetrasi kolagen ke dalam kulit rendah karena memiliki molekul yang besar,” jelas Amel.

Amel menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan yang merangsang produksi kolagen seperti ikan, putih telur, daging merah, keju, kacang, buah-buahan beri, kol brokoli, labu, wortel, tomat, dll. Namun karena proses memasak yang terkadang merusak protein kolagen, bantuan asupan kolagen dari suplemen dirasa penting. 

“Kebutuhan asupan harian kolagen berkisar 1000 hingga 5000 mg sehari, berbeda pada setiap individu. Pilihlah suplemen yang tidak hanya mengandung kolagen tetapi juga kaya antioksidan untuk membantu memperlambat proses penuaan tubuh,” papar Amel.

Selain menjaga asupan kolagen untuk tubuh, Amel menyebut gaya hidup yang sehat juga sangat berpengaruh pada proses penuaan. Memakan makanan cepat saji, radiasi sinar matahari, polusi udara dan asap rokok, serta stress juga harus dihindari untuk mencegah tubuh terlalu cepat tua.

(riz / wida)

Komentar