aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Serius, Wanita Bisa Alami Kebotakan! Ini 10 Penyebabnya yang Ternyata Sepele

Thursday, 4 March 2021 17:00:44 WIB | Wida Kriswanti
Serius, Wanita Bisa Alami Kebotakan! Ini 10 Penyebabnya yang Ternyata Sepele
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Seorang wanita baru menyadari kalau kebotakan itu sungguh bisa terjadi ketika pasangan atau anak mulai berkomentar. Mama, kok di bagian atas sini rambutnya tipis banget? Nah, lo.

Mungkin Anda bertanya - tanya, mengapa tanda - tanda kebotakan bisa sampai Anda alami. Padahal produk sampo yang digunakan sudah yang bagus, Anda juga tidak tidur dengan rambut basah, pakai hijab pun rambutnya sudah lebih dulu dikeringkan.

Kemudian Anda juga memastikan tak ada keturunan botak, pun tidak memiliki penyakit khusus yang bisa menyebabkan kebotakan.

Well, seperti dilansir dari Bright Side, ternyata penyebab kebotakan lebih dikarenakan kebiasaan - kebiasaan sepele, namun rutin dilakukan. Apa saja itu, berikut ini daftarnya.

1. Melewatkan sarapan

Saat Anda tidak punya cukup banyak kalori di pagi hari, maka tubuh akan mengambil cadangan dari tubuh Anda sendiri. Salah satu dampaknya, kerusakan rambut dan kulit kepala.
2. Terpapar matahari

Mungkin Anda seseorang yang gemar menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, misalnya untuk berkebun. Paparan sinar matahari yang mungkin tidak terasa untuk satu hari, tapi menjadi besar dampaknya ketika terpaparnya rutin setiap hari.

3. Rambut sering dikuncir atau dikepang terlalu kencang

Gerah dan ribet, sih kalau rambut dibiarkan tergerai. Tapi solusi dengan menguncir atau mengepangnya setiap hari ternyata tidak bagus untuk kesehatan rambut.

4. Tidak cukup mencuci rambut

Semua yang serba terlalu sama tidak baiknya. Terlalu sering dan terlaly jarang mencuci rambut buruk untuk kesehatan rambut.

5. Anda tidak berkala memotong ujung - ujung rambut

Ujung rambut yang rusak dan pecah - pecah akan merambat hingga ke pangkal rambut, hingga akhirnya menyebabkan kerontokan.

6. Sering mandi air panas

Hal ini akan menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan kehilangan sumber minyak alaminya yang bagus untuk kesehatan rambut.

7. Sering menggaruk kepala

Entah sekadar kebiasaan atau ada sakit tertentu atau karena produk perawatan rambut yang tidak cocok, tapi kebiasaan ini jelas membuat rambut mengalami kerontokan.

8. Penggunaan alat - alat panas di rambut

Paparan hair dryer, catokan, dan lain - lain yang menyebabkan panas di kulit kepala dan rambut baiknya dikurangi.

9. Sering memainkan rambut

Memilin - milin rambut, menarik - narik rambut, dan semacamnya, akan membuat rambut lama kelamaan mudah rontok.

10. Menyisir rambut basah

Banyak orang menyisir rambutnya saat mandi. Sebaiknya ini tidak dilakukan lagi jika tidak mau rambutnya rontok terlalu banyak. Lebih baik sisir rambut kering sebelum pergi mandi. Selesai mandi, rambut langsung halus.

Komentar