aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

3 Cara Merawat Bibir Agar Tampak Sehat

Thursday, 14 January 2021 23:30:44 WIB | Khairunnisa Nanda
3 Cara Merawat Bibir Agar Tampak Sehat
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bibir adalah anggota tubuh yang memiliki jenis kulit sangat tipis. Kulit bibir akan dengan mudah mengering bila dibiarkan begitu saja. Perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap kondisi bibir. Pentingnya untuk membutuhkan perlindungan dalam perawatan untuk terus menjaga bibir agar selalu sehat.

“Cuaca dingin berdampak signifikan pada tubuh, termasuk bibir kita,” beri tahu dokter kulit Melissa Piliang, MD. Kulit bibir mengering 10 kali lebih cepat daripada kulit lain di wajah. Sehingga sangat penting untuk tetap merawatnya agar selalu lembap.

Yuk simak 3 cara merawat bibir agar tampak sehat:

1. Hindari Menjilat Bibir

Saat bibir dalam kondisi kering, sering untuk menjilatinya agar membuatnya lebih lembap. Namun menjilat bibir justru berdampak sebaliknya. “Sekali Anda mengoleskan air liur ke bibir Anda, hal itu akan membuatnya lebih cepat kering, membuat bibir Anda lebih kering secara keseluruhan,” kata Dr. Piliang. "Ditambah, enzim yang ada dalam air liur yang dimaksudkan untuk mencerna makanan mengiritasi bibir," tambahnya. Menghindari menjilat bibir adalah langkah sederhana untuk menjaga kelembapannya.

2. Rutin Gunakan Lip Balm

Penggunaan lip balm secara rutin dapat mengunci kelembapan dan membantu menyembuhkan retakan kulit bibir. Pilihlah lip balm yang mengandung minyak esensial dan tabir surya, karena sangat penting untuk terus melindungi kulit bibir Anda. Saat bibir Anda menjadi lebih kering dan teriritasi, Anda sebaiknya lebih banyak menggunakan lip balm jenis ini. Hindari lip balm yang mengandung kapur barus, kayu putih, dan mentol. Bahan-bahan ini awalnya terasa menenangkan, namun justru dapat mengeringkan bibir dan memperburuk masalah di waktu yang akan datang “Cobalah untuk menambahkan pelindung bibir sebagai bagian dari rutinitas pagi, waktu tidur dan berada di luar ruangan. Belilah beberapa batang pelembab atau salep dan letakkan satu di samping tempat tidur Anda, dan bawa satu di tas atau mobil Anda sehingga Anda akan selalu membawanya," Dr. Piliang menjelaskan.

3. Jangan Menggigit dan Menggaruk Bibir Kering

Saat terjadi masalah pada bibir, Anda perlu pengelupasan akibat kulit kering, perlunya untuk menghilangkan kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan bibir. Hal tersebut mungkin terasa mengganggu dan membuat tidak nyaman pada kondisi bibir Anda. Hindari menggigit dan menggaruk bibir Anda karena dapat berdampak fatal bagi kesehatan bibir. “Jauh lebih baik untuk tidak menggosok bibir atau mengupas kulit yang mengelupas dengan gigi atau jari Anda. Itu hanya menciptakan retakan dan luka di bibir Anda dan bisa memperburuk keadaan, ”kata Dr. Piliang. Solusinya tambah Dr. Piliang gunakan lip balm berbahan dasar salep yang sangat kental sehingga membantu menyembuhkan bibir Anda.

(nanda)

Komentar