aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

4 Cara Mengambil Hati Calon Mertua pada Pertemuan Pertama

Friday, 21 February 2020 02:00:23 WIB | Redaksi
4 Cara Mengambil Hati Calon Mertua pada Pertemuan Pertama
Menemui orang tua kekasih kita untuk kali pertama bisa membuat gugup dan deg-degan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menemui orang tua kekasih kita untuk kali pertama bisa membuat gugup dan deg-degan. Apalagi kalau kita ingin menjalin hubungan serius dengan si dia dan berharap berakhir di pelaminan. Pastinya terselip rasa takut tidak diterima atau tidak disukai, khususnya bila kekasih Anda dari kalangan keluarga berada. Ingin pertemuan pertama Anda dan calon mertua meninggalkan kesan yang baik? Ini beberapa hal yang bisa Anda persiapkan.

Mempelajari latar belakang orang tua kekasih

Terapis pernikahan dan keluarga juga penulis buku How to Be Happy Partners: Working it Out Together, Tina B. Tessina, PhD, dari California, AS, menegaskan adalah penting mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum mengunjungi orang tua pasangan untuk kali pertama. Ini hampir seperti menyiapkan ujian atau presentasi.

“Bicaralah dengan kekasih Anda dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang orang tuanya dan bagaimana sebaiknya menghadapi mereka. Tanyakan apa saja kebiasaan, hobi mereka, apa yang mereka suka dan tidak suka,” ungkap Tina. Siapa tahu dari pencarian fakta kecil-kecilan ini, Anda mendapati kesamaan hobi. Misalnya, Anda dan ibunya sama-sama hobi memasak. Ini akan mempermudah Anda nantinya dalam bercakap-cakap dan mengambil hati ibunya.

Jika tidak ada kesamaan, tidak ada salahnya membuka sedikit wawasan tentang bidang yang disukai orang tua kekasih, dengan mencari informasi di dunia maya atau meminta kekasih Anda memberikan gambaran. Sehingga Anda akan terkoneksi dengan mereka saat diajak bicara.

Berpakaian dan berdandan sebaik-baiknya

Amanda Rose, pakar hubungan dan agen pencari jodoh dari Louisville, Kentucky, AS, mengatakan, kesan pertama adalah segalanya. “Dari kali pertama berkencan hingga kali pertama bertemu calon mertua, kesan pertama memegang peranan,” terang Amanda. Ini akan membentuk citra diri Anda di mata lawan bicara.

Citra ini salah satunya terbentuk dari cara berpakaian. “Ini kesan yang paling mudah ditangkap. Berpakaianlah rapi dan berdandan natural, tidak berlebihan,” ujar Amanda. Orang tua, khususnya ibu, akan kurang suka melihat anaknya mengencani seseorang yang berpenampilan berantakan atau berbusana terlalu terbuka. Tidak perlu busana yang mahal, yang penting membuat penampilan Anda terlihat sopan dan enak dipandang.

Perhatikan sikap dan tutur kata

sudah mempelajari latar belakang orang tuanya dan berpenampilan rapi. Selanjutnya relaks dan bersikaplah menyenangkan. Perhatikan cara dan nada bicara serta pilihan kata. “Tersenyumlah. Perkenalkan diri dengan ramah dan penuh percaya diri. Simak dengan saksama apa yang mereka bicarakan. Bertanyalah sesekali untuk lebih mengenal mereka. Berikan pujian, bila tepat momennya. Jangan kebanyakan membicarakan tentang diri sendiri,” saran Amanda.

Jika pertemuan pertama Anda dengan calon mertua diiringi makan bersama, di rumah atau restoran, pastikan makanlah apa pun yang disediakan. “Sekalipun Anda tidak suka, tetaplah makan apa yang dihidangkan. Bila di restoran, jangan memesan makanan yang mahal atau hanya makanan kesukaan Anda,” papar pakar hubungan dari Brentwood, California, AS, Audrey Hope. Bila acara makan berlangsung di rumah, tawarkan bantuan untuk menyiapkan hidangan juga mencuci piring dan membereskan dapur selepas makan.

Memberikan hadiah kecil

Membawakan hadiah untuk orang tua pasangan Anda pada pertemuan pertama akan menyenangkan mereka. Siapa yang tidak menyukai hadiah? “Ini menggambarkan Anda menghargai mereka. Meski pasangan Anda bersikeras mengatakan tidak usah membawakan apa-apa, tak ada salahnya membawakan sesuatu,” ungkap Dr. Kim Chronister, pakar hubungan dan psikolog asal Beverly Hills, AS.

Anda bisa menghadiahkan bunga, kue buatan Anda sendiri, atau sesuatu yang simpel yang Anda ketahui disukai oleh orang tua pasangan Anda. Ini bukan menyogok, melainkan menunjukkan niat baik dan rasa ingin mengenal lebih dalam. Maka, tidak perlu sesuatu yang mahal atau mewah untuk mengesankan mereka.

Komentar