aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Hindari 4 Jenis Beauty Hack Ini Agar Tak Iritasi

Tuesday, 31 December 2019 14:00:26 WIB | Agestia Jatilarasati
Hindari 4 Jenis Beauty Hack Ini Agar Tak Iritasi
Penggunaan produk riasan yang tak sesuai anjuran dapat menyebabkan kulit menjadi berjerawat. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Berbagai kiat kecantikan kini beredar luas di jagat maya. Mulai dari tutorial rias hingga kiat kecantikan mudah atau biasa disebut beauty hack yang digemari wanita karena dianggap praktis nan ekonomis. Meski begitu, apakah semua kiat-kiatnya aman dilakukan?

Dermatolog dari ID Beauty Clinic Jakarta, dr. Maria Charlotte, B Med Sci., mengatakan, tidak semua beauty hack aman dilakukan. Ia mengingatkan, para wanita harus cermat dalam menelaah informasi yang beredar terkait isu kecantikan.

“Pertama, jenis kulit wanita berbeda-beda, sehingga belum tentu satu kiat kecantikan cocok untuk setiap kulit wanita. Kedua, semua orang bebas mengunggah apa saja di dunia maya termasuk soal kiat kecantikan yang kita belum tahu benar atau tidaknya, hingga aman atau tidak dilakukan. Oleh karenanya penting untuk menyaring informasi seputar kiat kecantikan, karena salah-salah kulit malah menjadi iritasi, bahkan rusak,” terang Maria. Berikut beberapa beauty hacks yang patut Anda waspadai karena bisa bikin kulit iritasi.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Lipstik Sebagai Perona Pipi

Menggunakan lipstik sebagai perona pipi adalah salah satu kiat kecantikan yang banyak dilirik wanita. Namun dr. Maria tidak merekomendasikan kiat kecantikan yang satu ini.

“Sekarang ini menggunakan lipstik sebagai preona pipi sedang tren di kalangan wanita. Tetapi saya sama sekali tidak merekomendasikan, karena menggunakan lipstik di kulit dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jika dibiarkan, lama-lama akan menyebabkan kulit berjerawat. Kalau kepepet, sih tidak apa-apa. Tapi kalau setiap hari, sebaiknya jangan,” sarannya.

Lipstik Sebagai Pengganti Concealer

Concealer seringkali menyelamatkan wanita dari kondisi wajah yang lesu atau dan kantung mata hitam Namun concealer berwarna merah-lah yang dianggap paling ampuh menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata. Sayangnya, alih-alih menggunakan concealer berwarna merah, banyak orang malah menggunakan lipstik berwarna merah untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

“Sama seperti menggunakan lipstik sebagai perona pipi, penggunaan lipstik di area bawah mata juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Formula lipstik dengan concealer dan perona pipi tentu berbeda. Lipstik kandungannya lebih padat sementara concealer dan perona pipi lebih ringan, sehingga dapat menyumbat pori-pori. Namun sekarang memang ada beberapa lipstik yang telah diformulasikan untuk beragam kegunaan. Ini tidak menjadi masalah, karena kandungannya telah diformulasikan sedemikian rupa sehingga cocok diaplikasikan pada kulit wajah,” tandasnya.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Eyeliner untuk Membuat Freckles

Belakangan ini, riasan freckles menjadi favorit para wanita. Mereka pun kerap menggunakan eyeliner atau pensil alis untuk membuat efek titik-titik hitam di area pipi dan hidung. dr. Maria mengatakan, menggunakan eyeliner atau pensil alis di kulit wajah juga tidak disarankan.

“Penyebabnya sama, karena kandungan eyeliner atau pensil alis berbeda dengan produk pembuat fake freckles, terutama eyeliner. Meski cair, tekstur eyeliner itu tetap pekat, sehingga dapat juga menyumbat pori. Makanya saya sarankan, jangan terlalu sering mengaplikasikan eyeliner sebagai fake freckles. Selain menyumbat pori, kita harus ekstra membersihkan wajah. Eyeliner kan terkadang sulit dihapus, apalagi yang anti air. Walhasil, memakai pencuci wajah saja tidak cukup. Harus double cleansing,” jelas Maria.

Krim Antiruam Popok untuk Mengobati Jerawat

Krim antiruam popok memang dapat mengatasi ruam pada kulit. Namun sama sekali tidak cocok untuk diaplikasikan ke wajah. “Krim antiruam popok memang membantu mengatasi ruam dan meredakan inflamasi. Tetapi untuk kulit yang sensitif, berjerawat dan berminyak, kandungan seng oksida yang umumnya terdapat dalam krim antiruam popok bisa menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi jerawat. Lebih baik menggunakan produk antijerawat yang mengandung benzoil peroksida, yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat,” pungkasnya.

(ages)

Komentar