aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini Penyebab Rambut Halus Mendadak Muncul di Area Wajah

Tuesday, 26 November 2019 03:00:58 WIB | Agestia Jatilarasati
Ini Penyebab Rambut Halus Mendadak Muncul di Area Wajah
Bulu halus yang tumbuh berlebihan di area wajah dapat disebabkan oleh kehamilan atau menopause. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Memiliki bulu halus di wajah seperti kumis halus pada perempuan mungkin akan menambah kesan seksi dan memikat tetapi bagaimana jika bulu halus juga tumbuh di area sekitar pipi, dagu, dan kening. Tentu hal itu sangat mengganggu. Lalu mengapa hal itu dapat terjadi? 

Seperti dilansir oleh About Style, ada berbagai faktor penyebab tumbuhnya bulu-bulu halus di area wajah, yaitu:

1. Hormonal

Bulu halus yang tumbuh berlebihan di area wajah dapat disebabkan oleh kehamilan atau menopause. Hormon esterogen dapat mempengaruhi laju pertumbuhan dari bulu-bulu halus di area tubuh wanita.

2. Kenaikan berat badan 

Wanita yang bertubuh gemuk memiliki resiko menjadi 'berbulu' pada area wajah. Hal tersebut terjadi karena produkssi insulin yang tinggi sehingga terjadi peningkatan produksi androgen yang berpengaruh pada tumbuhnya bulu.

3. Menderita anoreksia nervosa

Penderita anoreksia nervosa biasanya mengalami penurunan kadar esterogen dan peningkatan hormon testoteron sehingga terkadang tumbuh bulu-bulu halus di area yang seharusnya tidak ditumbuhi oleh bulu.

4. Obat

Beberapa obat yang berkaitan dengan hormon dan juga obat-obatan untuk penderita hipertensi seperti pil KB, steroid, antidepresan, dan lain-lain dapat berkontribusi untuk pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan.

5. Penuaan

Pertumbuhan rambut berlebih pada area wajah biasanya dialami oleh orang yang memasuki usia 50 tahun. Pada usia tersebut, tubuh mulai memproduksi sedikit esterogen dan memproduksi banyak hormon testoteron.

(ages)

Komentar