aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Lensa Kontak Bisa Menyempurnakan Riasan Wajah, Lo! Begini Caranya

Tuesday, 13 August 2019 05:00:23 WIB | Rizki Adis Abeba
Lensa Kontak Bisa Menyempurnakan Riasan Wajah, Lo! Begini Caranya
Sesuaikan lensa kontak dengan warna kulit dan tema riasan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menggunakan lensa kontak, terlepas dari kebutuhan mempertajam penglihatan mata juga dapat membuat mata terlihat lebih tajam dan indah. Bahkan Adi Adrian, penata rias sejumlah artis papan atas seperti Raisa dan Agnez Mo menuturkan, kalau penggunaan lensa kontak dapat menyempurnakan riasan wajah. Namun Adi menggarisbawahi, memadukan lensa kontak dengan riasan wajah tidak bisa dilakukan secara asal juga. Berikut beberapa kiat memaksimalkan riasan wajah dengan lensa kontak pilihan Anda.

Sesuaikan Warna Lensa Kontak dengan Warna Kulit

Lensa kontak berwarna memang menjadi favorit wanita karena memberikan tampilan mata yang lebih tajam dan hidup. Namun pemilihan warna lensa kontak juga tidak bisa sembarangan. “Untuk kulit putih, warna lensa yang gelap sampai yang terang seperti biru atau hijau mungkin akan cocok. Tapi untuk wanita Indonesia yang rata-rata kulitnya berwarna sawo matang, warna yang paling cocok menurut saya adalah warna yang ada unsur emasnya, atau warna hazel juga bisa saja digunakan. Namun kalau takut mencoba warna yang mencolok, maka warna hitam dan kecokelatan pun bagus,” terangnya.

Jika warna kulit Anda cenderung gelap, maka lebih baik menggunakan lensa kontak yang berwarna gelap seperti hitam dan cokelat. “Untuk pemilik kulit berwarna gelap saya sarankan untuk menghindari warna yang terlalu terang seperti abu-abu terang, hijau dan biru karena penampilan mata akan terlihat sangat tidak natural,” sarannya.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Sesuaikan Lensa Kontak dengan Tema Riasan

Wanita suka bereksperimen dengan beragam tema riasan. Bagi Anda yang ingin mengaplikasikan riasan ala Korea maka lensa kontak menjadi elemen wajib. Wanita Korea dikenal gemar menggunakan lensa kontak untuk menyamarkan bentuk mata mereka yang cenderung kecil. Untuk warna lensa kontaknya sendiri, Adi menyarankan bermain dengan warna cokelat, abu-abu, atau hazel.

“Wanita Korea kan riasan matanya cenderung natural dengan sedikit permainan eyeliner. Pun dalam memilih warna lensa kontak, umumnya wanita Korea tidak terlalu banyak bereksperimen dengan warna yang mencolok,” ucap Adi.

Anda juga bisa memadukan lensa kontak dengan tema riasan mata yang lebih spesifik. Misalnya untuk riasan acara malam hari, Anda ingin tampil dengan riasan mata smokey eye. Lensa kontak seperti apa yang cocok?

“Adi menyarankan untuk menambahkan lensa kontak berwarna terang seperti cokelat terang, abu-abu terang. Kehadiran lensa kontak yang terang di antara riasan smokey eye, yang umumnya didominasi oleh warna gelap, menjadikan riasan mata seimbang,” terang Adi.

Sebaliknya, jika Anda menginginkan riasan mata yang soft dan lebih kalem maka gunakan lensa yang berwarna sedikit gelap seperti cokelat, abu-abu gelap, cokelat keemasan untuk mempertegas mata.

Bedakan Warna Eyeshadow dan Lensa Kontak

Kebanyakan wanita yang menggunakan lensa kontak tentunya ingin menonjolkan pesona matanya. Untuk itu, menurut penata rias seleb Hollywood Scott Barnes, sebaiknya jangan mengaplikasikan warna eyeshadow yang sama dengan warna lensa kontak Anda. “Misalnya, jika Anda menggunakan lensa kontak berwarna netral, cobalah padukan dengan riasan mata yang sedikit berani, seperti eyeshadow ungu tua,” bilang Scott. Warna ungu tua menurutnya masih terbilang aman. Tidak akan terlihat berlebihan dengan paduan lensa kontak yang natural.

Bubuhkan Riasan Mata dengan Lembut

Terlepas dari memadukan lensa kontak dengan riasan wajah, masih ada beberapa wanita yang suka bingung. Yang benar memasang lensa kontak dulu baru merias wajah atau sebaliknya? Adi menyarankan lebih baik memasang lensa kontak sebelum berias. Pertimbangannya keadaan tangan masih bersih, belum terpapar debu atau serbuk riasan, sehingga menghindari iritasi.

“Membuat riasan mata setelah lensa kontak terpasang itu aman asal menyapukan riasannya benar. Mata itu kan area sensitif jadi sebaiknya sapukan riasan mata seperti eyeshadow dengan lembut dan hati-hati. Perlahan-lahan dari ujung kelopak mata paling luar hingga ke dalam. Penggunaan eyeliner juga harus hati-hati. Jangan sampai mengenai bagian mata ataupun lensa kontaknya karena selain wajah secara keseluruhan akan terlihat kotor, juga membuat mata menjadi tidak nyaman” sarannya.

(ages)

Komentar