aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mempercantik Kulit dengan Berolahraga

Friday, 9 August 2019 05:00:52 WIB | Vallesca Souisa
Mempercantik Kulit dengan Berolahraga
Ilustrasi (dok.DNA)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang malas mendengar kata olahraga. Apalagi melakukannya.

Kalau bukan karena ajakan teman, rasanya malas harus membayangkan joging, atau lari sendiri selama 30 menit atau satu jam. Atau baru terpaksa olahraga, karena ingin menurunkan berat badan. Demi penurunan berat badan pun sering kali kita masih malas melakukannya. Apalagi berolahraga untuk sebuah kesadaran, bahwa kesehatan itu sangat penting bagi kita.

Padahal banyak manfaat lain dari berolahraga, salah satunya, percaya atau tidak, memelihara kecantikan kulit. Apakah dengan kenyataan yang satu ini, Anda mau memulai berolahraga?

Bayangkan hanya dengan melakukan satu hal, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Bagaimana aktivitas olahraga membantu memperindah kondisi kulit kita?

- Olahraga membuat jantung memompa darah lebih intens ke seluruh tubuh. Pembuluh darah akan melebar selama dan sesudah berolahraga. Perhatikan warna permukaan kulit. Warna kulit  akan bersemu merah, terutama pipi, sehingga terlihat cantik tanpa perona pipi. Pembuluh darah yang melebar tersebut ternyata mengantarkan oksigen dan nutrisi ke kulit sehingga kulit mendapatkan pasokan berbagai zat gizi lebih banyak.

- Olahraga membuat mesin tubuh bertambah panas. Untuk menghindari kenaikan suhu yang ekstrem, tubuh mengeluarkan keringat untuk mendinginkan. Pori-pori kulit terbuka sehingga meminimalkan kemungkinan terbentuknya komedo serta jerawat. Pembuangan radikal bebas dan kotoran hasil metabolisme tubuh terbilas lewat keringat.

- Saat berolahraga, kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menyebabkan rasa senang dan bahagia. Sudah pasti stres berkurang. Selain itu, produksi hormon DHEA dan DHT juga akan terkontrol sehingga mereduksi jumlah jerawat yang timbul.

- Olahraga memicu terbentuknya kolagen yang berfungsi sebagai bahan pembentuk elastisitas kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit yang selalu mati karena gesekan baju, paparan sinar matahari atau polutan yang lain.

Orang yang rutin berolahraga kulitnya terlihat lebih segar dan bersinar. Lalu jenis olahraga apa saja yang bisa membantu mempercantik kulit kita?

Sebenarnya olahraga apa pun memiliki pengaruh positif bagi kulit. Awali dengan olahraga yang Anda minati. Lalu perlahan, mulai prioritaskan olahraga yang bersifat kardio. Joging, lari, bersepeda, senam aerobik, atau sekarang ini di beberapa tempat kebugaran sering menyebutnya kardio dance.

Dengan menggerakkan tubuh mengikuti irama musik yang Anda gemari, bahkan Anda tidak sadar, Anda tengah berolahraga.

dari Berbagai Sumber

(val / gur)

Komentar