aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

8 Kesalahan yang Dapat Mengurangi Kecantikan Kulit Wajah 

Monday, 15 July 2019 02:00:23 WIB | Vallesca Souisa
8 Kesalahan yang Dapat Mengurangi Kecantikan Kulit Wajah 
Sering kali kita melakukan kesalahan tanpa kita sadari. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sering kali kita melakukan kesalahan tanpa kita sadari. Bahayanya, karena tak sadar apa yang kita lakukan ini salah, kita terus melakukannya hingga menjadi kebiasaan. Padahal kebiasaan-kebiasaan ini berpengaruh kurang baik pada kecantikan. Berikut 8 kesalahan yang dapat mengurangi kecantikan kulit wajah. 

1. Tidur dengan membenamkan wajah pada bantal dan guling

Tidur tengkurap dengan membenamkan wajah pada bantal atau menggesekkan wajah pada guling dapat menimbulkan masalah pada kulit. Gesekan antara kulit dan bantal ini mengganggu elastisitas kulit. Kebiasaan ini dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan kerut atau keriput pada kulit wajah. Cobalah mengurangi kebiasaan tidur tengkurap atau meminimalkan gesekan wajah pada bantal maupun guling.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

2. Lupa mengoleskan tabir surya di area sekitar mata

Mengoleskan krim tabir surya di area sekitar memang dapat menyebabkan rasa perih. Namun kenyataannya, area sekitar mata adalah bagian kulit paling tipis yang perlu dilindungi. Oleskan krim tipis-tipis dan secara berhati-hati di bawah dan samping mata. Pilih tabir surya tanpa kandungan wewangian, lebih aman saat dioleskan di area sekitar mata.

3. Melupakan area leher

Bagian leher kita juga terancam penuaan dini, sama halnya dengan wajah. Namun kita justru melewatkan bagian ini. Kulit di bagian leher termasuk sensitif dan juga terkena paparan sinar matahari. Jangan lupa mengoleskan pelembap, tabir surya, dan krim perawatan malam Anda hingga ke area leher. Jika tidak, kulit bagian leher juga lekas berkerut, kering, atau mengendur.

4. Mengandalkan kandungan SPF dalam kosmetik

Kosmetik, baik itu alas bedak maupun bedak kini sudah dilengkapi SPF (sun protection factor), untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Ternyata, mengandalkan kandungan SPF pada kosmetik, tak cukup melindungi kulit kita dari efek buruk sinar matahari. Sebelum menggunakan alas bedak dengan kandungan SPF, kita tetap harus mengoleskan tabir surya telebih dahulu pada permukaan kulit.

5. Membasuh dengan air hangat

Entah itu membasuh wajah dengan air hangat, mencuci tangan dengan air hangat, atau mandi dengan air hangat, jika dilakukan terus-menerus, lama-lama kulit akan kehilangan kandungan minyak alaminya dan kering. Menggunakan air dingin lebih baik dan melembapkan kulit.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

6. Tidak merawat peralatan kosmetik

Kelihatannya sepele, tapi jangan pernah lupa membersihkan peralatan kosmetik Anda, seperti kuas dan spons bedak. Peralatan kosmetik yang dipakai berbulan-bulan menyimpan potensi bakteri sangat banyak, yang dapat memicu jerawat atau masalah lebih buruk seperti iritasi atau radang kulit. Maka, penting untuk membersihkan peralatan kosmetik, setidaknya 2 minggu sekali.

7. Tidak mengonsumsi makanan bergizi

Apa yang masuk dan dicerna tubuh Anda akan terpancar pada kulit. Banyak mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda tidak membuat kulit Anda bersinar dan segar seperti yang diharapkan. Bukan berarti Anda tidak boleh menyenangkan diri dengan makanan-makanan menggiurkan itu. Sesekali boleh. Namun pastikan, mulai saat ini menerapkan pola makanan sehat. Asupan buah dan sayur secara rutin adalah kunci kecantikan dan kesegaran kulit.

8. Menghapus sisa makeup hanya dengan sabun

Mungkin Anda lelah, lalu langsung mencuci wajah tanpa terlebih dahulu menyapu bekas makeup dengan cairan khusus pengangkat makeup. Menggunakan sabun pembersih wajah saja tidak cukup mengangkat sisa makeup, terutama di bagian mata, yang berpotensi menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Maka, pertama hapus dengan cairan pengangkat makeup, baru kemudian cuci wajah untuk memastikan kebersihannya.

Komentar