aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

7 Pemicu Rambut Rusak Menurut Penata Rambut Kate Middleton

Friday, 12 July 2019 23:00:23 WIB | Vallesca Souisa
7 Pemicu Rambut Rusak Menurut Penata Rambut Kate Middleton
Mungkinkah kita memiliki rambut panjang seindah Kate Middleton? (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kate Middleton selalu tampil memukau dengan riasan wajah ringan, gaya berbusana elegan, dan rambut yang indah. Sering kali ia tampil dengan rambut tergerai natural dan berkilau. Mungkinkah kita memiliki rambut panjang seindah Kate? Penata rambut Duchess of Cambridge, Richard Ward, mengatakan bahwa setiap wanita bisa memiliki rambut seindah Kate, asalkan merawatnya dengan benar. Sayangnya, menurut Richard, kita sering melakukan beberapa kesalahan yang tidak disadari sehingga menyebabkan rambut kehilangan keindahannya. Apa saja?

1. Menggunakan produk perawatan rambut berlebihan

Salah satu kesalahan paling umum adalah berlebihan mengaplikasikan produk kecantikan rambut. Baik itu sampo, pewarna rambut, hair spray, bila digunakan berlebihan perlahan akan merusak keindahan rambut Anda. Mengaplikasikan terlalu banyak produk pada rambut, akan membuat rambut Anda rapuh, cenderung rontok, dan lama-lama terlihat kusam. Aplikasikan produk perawatan rambut secukupnya, sesuai kebutuhan. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Kate Middleton (Instagram)
Kate Middleton (Instagram)

2. Tidak menggunakan kondisioner

Menurut Richard, tidak menggunakan kondisioner adalah sebuah kesalahan. Kondisioner diperlukan untuk membuat rambut tetap halus dan sehat. Beberapa orang yang memiliki rambut tipis memilih tidak menggunakan kondisioner karena khawatir rambutnya justru terlihat tidak mengembang. Untuk kasus rambut tipis, Anda tetap harus menggunakan kondisioner. Cukup aplikasikan kondisioner pada ujung-ujung rambut agar rambut tidak kering dan pecah-pecah.

3. Tidak mengonsumsi makanan sehat

Rambut tidak hanya membutuhkan perawatan dari luar seperti serum, vitamin, dan kondisioner. Ia juga membutuhkan nutrisi dari dalam. Sering kali kita tidak memilih makanan yang kita konsumsi. Kita cenderung makan sembarangan. Agar rambut sehat, kuat, dan berkilau, Richard menyarankan seringlah mengonsumsi kacang-kacangan, stroberi, dan blueberry. Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang dapat menyuburkan rambut. Sementara jenis buah berry mampu memberi kilau dan menjaga kelembapan rambut.

4. Terlalu sering menggunakan hair dryer atau catok dengan panas tinggi

Selama ini kita selalu mengeringkan dan menata rambut menggunakan hair dryer dengan suhu tinggi, agar tata rambut bertahan lama. Lebih parah lagi, kita sering mengeringkan rambut dengan hair dryer kemudian mencatoknya. Ini membuat rambut tersiksa. Perlahan-lahan membuat rambut kusam, kering, dan bukan tak mungkin rontok. Richard menyarankan menyetel hair dryer dengan panas sedang, serta jangan gunakan terlalu dekat dengan rambut. Batasi penggunaan hair dryer atau catok rambut. Sebaiknya pada momen-momen khusus saja, saat Anda membutuhkan tataan rambut spesial. Sehari-hari cukup keringkan rambut secara alami.

Kate Middleton (Instagram)
Kate Middleton (Instagram)

5. Menggunakan produk kecantikan rambut karena tren atau ikut-ikutan

Sering kali kita mengaplikasikan produk tertentu pada rambut karena tren, rekomendasi teman, atau terpengaruh iklan. Belum tentu produk tersebut cocok dengan rambut kita. Yang baik untuk orang lain, belum tentu baik untuk kita. Saat sebuah produk tidak cocok dengan rambut kita, biasanya rambut akan terlihat kusam. Untuk itu lebih baik gunakan saja produk yang selama ini sudah cocok dengan rambut Anda.

6. Sering menggunakan air hangat untuk mencuci rambut

Membasahi rambut dan tubuh dengan air hangat mungkin terasa relaks serta menangkan. Tetapi air hangat tidak terlalu bagus untuk rambut. Menurut Richard, mencuci rambut yang tepat adalah menggunakan air dingin. Ini menyegarkan kulit kepala dan batang rambut. Sementara mencuci rambut dengan air hangat, membuat rambut menjadi kering.

7. Jarang memangkas rambut

Sering sekali kita menunda memangkas rambut. Membiarkan rambut terus tumbuh panjang, tanpa dirapikan, dapat membuat rambut bercabang atau pecah-pecah. Agar rambut panjang Anda tetap tergerai indah, Richard menyarankan untuk merapikan atau memangkas rambut Anda secara rutin, setiap 8 minggu sekali.

(val)

Komentar