aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Menggunakan Foundation dan Bedak agar Rata dan Tahan Lama

Tuesday, 9 July 2019 16:15:23 WIB | Vallesca Souisa
Kiat Menggunakan Foundation dan Bedak agar Rata dan Tahan Lama
Masih banyak wanita yang memakai bedak berlebih atau memilih warna bedak lebih terang dari warna kulit agar wajah terlihat putih. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak yang memakai bedak dengan cara menggosokkan spons bedak pada wajah. Demikian saat memakai foundation atau alas bedak, asal oles ke seluruh permukaan wajah. Agar alas bedak dan bedak rata dan tahan lama, penggunaannya memiliki teknik tersendiri. Ade Beby, makeup artist yang biasa mendandani Asri Welas, Fitri Tropica, dan Ussy Sulistyawati, berbagi kiat sederhana namun tepat dalam mengaplikasikan alas bedak dan bedak.

Sesuaikan dengan Warna dan Jenis Kulit

Fungsi memakai alas bedak dan bedak adalah untuk membuat kulit wajah lebih cerah, segar, dan menyamarkan kekurangan pada permukaan wajah. Membuat wajah tampak lebih cerah beda, lo dengan membuatnya tampak putih. Sayang, masih banyak wanita yang memakai bedak berlebih atau memilih warna bedak lebih terang dari warna kulit agar wajah terlihat putih.

“Pada dasarnya kita merias diri supaya cantik. Menutupi kekurangan, menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Jadi perangkat makeup digunakan sesuai porsinya saja. Memakai bedak juga bukan agar kelihatan putih, melainkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada kulit wajah, memperhalusnya, dan memberi kesan segar. Saat kita memakai bedak tebal juga alas bedak tebal, bukannya terlihat bagus, wajah justru terlihat kotor. Apalagi nanti kalau sudah berkeringat, bisa terlihat belang,” Beby mengingatkan.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Yang perlu diperhatikan, pertama sesuaikan alas bedak dan bedak dengan warna dan jenis kulit. “Kalau kulit gelap, ya jangan pilih warna yang terang. Pilih warna cokelat atau netral. Lalu sesuaikan alas bedak dengan jenis kulit. Misalnya kulit berminyak, pilih alas bedak matte dan bedak loose powder. Untuk pemilik kulit ini, jangan memakai compact powder kecuali ada acara khusus atau pesta besar, karena bisa menyumbat pori-pori,” ungkap Beby.

Gunakan Jari-jari Tangan Anda

Lalu agar alas bedak dan bedak menyerap dengan baik serta menutupi kekurangan seperti noda hitam dan kerut dengan sempurna, Beby menyampaikan triknya. Umumnya ada beberapa cara mengaplikasikan alas bedak, bisa menggunakan kuas, spons bedak, atau jari-jari tangan.

Beby memilih menggunakan jari-jari tangan. “Hasilnya lebih rata, lebih menyerap, dan tahan lama. Taruh alas bedak di jari tangan, lalu totol-totol ke setiap bagian wajah Anda. Setelah itu untuk meratakannya, jangan menggosok atau menggeser, melainkan tepuk-tepuk saja dengan jari sampai rata,” bilang Beby.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Memang teknik menepuk ini membutuhkan waktu lama dan tingkat kesabaran tinggi. Berikan sedikit penekanan pada tepukan Anda, sehingga alas bedak menyerap sempurna. “Harus sabar sampai alas bedak benar-benar rata. Kalau asal rata saja atau asal gosok saja, biasanya nanti bedak enggak akan tahan lama, cepat pudar,” sambung Beby.

Setelah alas bedak merata, diamkan sesaat, baru kemudian tambahkan bedak. Untuk jenis bedak loose powder, hasilnya akan lebih rata dan natural bila Anda menggunakan kuas bedak. “Kalau mau pakai spons bedak juga bisa, caranya tepuk-tepuk dengan penekanan. Ini juga berlaku jika menggunakan compact powder. Setelah itu ratakan dan sempurnakan lagi dengan kuas bedak,” ucap Beby. Dengan cara ini, permukaan wajah Anda akan terlihat halus tanpa cela.

Beby juga merekomendasikan alas bedak dan bedak yang menurutnya menempel sempurna di kulit, berdasarkan pengalamannya 20 tahun menjadi makeup artist. “Untuk alas bedak, saya enggak pernah ke lain hati. Dari dulu sampai sekarang saya selalu menggunakan Chanel. Namun untuk produk lokal, yang saya sarankan adalah alas bedak Mustika Ratu. Untuk bedak, saya juga biasa memakai Chanel yang loose powder. Rekomendasi lokalnya, Mustika Ratu oke,” tutup Beby.

(val)

Komentar