aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ingin Rambut Sehat? Perhatikan Faktor Berikut Ini

Saturday, 1 June 2019 07:00:03 WIB | Panditio Rayendra
 Ingin Rambut Sehat? Perhatikan Faktor Berikut Ini
Faktor yang berpengaruh pada kesehatan rambut (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Berbagai cara dilakukan untuk mendapat rambut yang sehat. Selain perawatan rambut dan makanan bernutrisi, ada faktor lain yang harus diperhatikan untuk mendapat rambut sehat.

Perhatikan hal-hal berikut ini agar kesehatan rambut tidak terganggu.

Hormon. Pada wanita hormon sangat berpengaruh pada keindahan rambut. Pada wanita yang mengalami menopause dan setelah melahirkan, pengalaman kehilangan rambut adalah hal yang wajar. Keseimbangan hormon merupakan penyebabnya. Sekali keseimbangan hormon didapat, rambut Anda akan kembali tumbuh sehat. Ketidaksuburan rambut juga disebabkan fungsi tiroid yang kurang maksimal.

Faktor yang berpengaruh pada kesehatan rambut (Deposit Photos)
Faktor yang berpengaruh pada kesehatan rambut (Deposit Photos)

Rokok. Rokok  dapat menghancurkan vitamin C yang Anda konsumsi. Padahal vitamin C merupakan zat yang dapat meremajakan sel kulit kepala dan membuang racun dari tubuh. Rokok berpeluang menghambat peredaran darah, yang berarti menghambat nutrisi yang masuk ke dalam kulit dan rambut, serta menghambat pembuangan kotoran.

Genetik. Kerontokan atau kebotakan pada pria mungkin bisa diatasi dengan segala macam pengobatan dari luar dan dalam, tapi faktor genetik kadang tak dapat dihindari.

Obat. Sejumlah obat sangat tidak bersahabat untuk rambut, misalnya saja obat kemoterapi yang digunakan pasien penderita kanker.

Lingkungan. Peran lingkungan sekitar dalam menyumbang porsi kerusakan pada rambut sangat besar. Udara yang tercemar, ventilasi yang kurang baik dapat menyebabkan rambut kering dan rusak. Air yang mengenai kepala saat berenang juga bisa mengiritasi kulit kepala. Faktor pajanan sinar matahari sangat berperan penting pada kesehatan rambut. Untuk itu, biasakan rambut tertutupi topi saat matahari tengah terik-teriknya.

Proses pada rambut. Proses yang salah seperti pewarnaan, pemanasan, pengeringan, hingga pemilihan produk yang salah bisa membuat rambut stres dan lelah. Sehingga masalah yang Anda hadapi pun akan semakin banyak.  

Stres. Tekanan pada fisik saja sudah membaut rambut berpengaruh. Apalagi tekanan pada mental. Stres sangat memengaruhi kesehatan organ tubuh. Stres kadang membuat orang tidak sadar telah menyakiti organ tubuh termasuk rambut. Ciri-ciri rambut pada mereka yang stres adalah rontok dan kusam

Artikel ini pernah dimuat di Tabloid Bintang Indonesia edisi 1048.

Komentar