aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menimbulkan Jerawat, No 1 Tak Disangka

Wednesday, 15 May 2019 06:45:21 WIB | TEMPO
5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menimbulkan Jerawat, No 1 Tak Disangka
Jerawat muncul karena kebiasaan ini (ilustrasi Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering menyerang wajah. Dari anak beranjak remaja hingga paruh baya, masalah ini tak hilang begitu saja. Tahukah Anda, jerawat bukan hanya disebabkan hormon, tapi juga bakteri. Lima kebiasaan buruk ini berpotensi membuat wajah Anda dihinggapi bakteri dan akhirnya berjerawat.



1. Ponsel

Telepon selular atau ponsel mengandung bakteri terbanyak dibandingkan dengan benda lain yang ada di rumah Anda. Ketika Anda menelepon dan menempelkannya di wajah, bakteri itu akan berpindah ke kulit dan menyebabkan jerawat.  Guna menghindari hal ini, bersihkan ponsel menggunakan solusi antibakteri. Anda juga dapat menggunakan earphone untuk menghindari berjerawat.

2. Kuas Makeup

Benda yang satu ini jarang diganti, tapi mungkin dipakai setiap hari. Itu sebabnya, kuas makeup dapat mengandung bakteri, kotoran, dan minyak yang bisa menimbulkan jerawat. Karena itu, bersihkan kuas makeup Anda secara rutin.

3. Produk rambut

Sering memakai produk penata rambut, sebaiknya Anda mulai berhati-hati. Baik itu gel rambut atau hairspray dapat mengenai kulit Anda dan menyebabkan jerawat. Jadi, ketika menggunakan produk itu, sebaiknya tutupi wajah Anda. 

4. Sarung bantal

Seprai dan sarung bantal menjadi tempat favorit bakteri. Bantal bisa menyerap keringat saat Anda tidur, juga debu dan minyak. Bakteri ini lalu akan kontak dengan kulit Anda dan menyebabkan jerawat. Untuk menghindarinya, sebaiknya ganti seprai dan sarung bantal seminggu sekali.

5. Tangan

Entah kenapa, manusia sering ingin menyentuh wajah dengan tangan. Itu adalah salah satu yang menyebabkan jerawat. Sebab, tangan Anda terkontaminasi dengan bakteri dari benda-benda yang disentuh, mulai dari keyboard sampai pegangan pintu, Hindari menyentuh wajah dengan tangan dan cuci tangan Anda secara teratur dengan sabun.
 

TEMPO.CO

Komentar