aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Seperti Apa Definisi Rambut Sehat? Begini Penjelasan Dokter

Tuesday, 23 April 2019 09:00:31 WIB | Wayan Diananto
Seperti Apa Definisi Rambut Sehat? Begini Penjelasan Dokter
Penggunaan hair dryer memengaruhi kesehatan rambut. (Foto: Dok. tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Rambut bagian tubuh yang menunjang penampilan pria maupun wanita. Karena kerap jadi pusat perhatian, maka rambut harus dirawat agar senantiasa sehat. Pertanyaan yang kemudian muncul, seperti apa definisi rambut sehat sebenarnya? Pakar dermatologi dr. Gloria Novelita SpKK, menjelaskan, ciri-ciri rambut sehat di antaranya mengilap, ujungnya rata atau tidak bercabang, dan kuat alias tidak mudah rontok.

"Struktur rambut terdiri kutikula, korteks, dan medula. Kutikula bentuknya seperti sisik yang bertumpuk, bertujuan melapisi korteks. Korteks bagian terpenting rambut. Di dalamnya berisi keratin atau protein rambut yang mengatur kekuatan rambut. Di sini juga terkandung serat dan pigmen rambut. Kesehatan korteks tergantung pada kondisi kutikula," beri tahu Gloria dalam gelar wicara "Bahaya Alat Hair Styling pada Rambut" bersama Ellips Hair Vitamin di Jakarta, pekan ini. 

Batang rambut, kata Gloria, dilindungi kutikula. Kutikula tidak boleh terbuka karena membuat korteks terpapar dan mudah rusak. Penyebab kerusakan batang rambut antara lain perawatan rambut atau hair styling. Misalnya penggunaan catokan, hair dryer, dan sebagainya. Panas yang dihasilkan hair dryer meningkatkan suhu air yang ada di akar rambut. Panas yang tiba-tiba membuat air di akar rambut menguap dan membentuk gelembung-gelembung bertekanan tinggi di batang rambut. 

"Akibatnya, rambut menjadi rapuh dan mudah patah," Gloria menyambung. Public Relation Manager PT Kino Indonesia, Tbk., Yuna Eka Kristina, menambahkan, penelitian pada 2017 yang melibatkan 11 ribu responden menyatakan bahwa 40 persen wanita terbiasa memakai alat pemanas rambut. Bahkan, ada peningkatan 5 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Rata-rata hair dryer dipakai mengeringkan rambut 1 sampai 2 kali sehari. 

"Panas hair dryer bisa mencapai 150 derajat Celsius. Dengan pengaturan jarak hair dryer dan rambut, rata-rata suhu yang sampai ke rambut 80 sampai 100 derajat Celsius. Bayangkan jika setiap hari rambut kita terkena panas dari hair dryer. Belum lagi paparan sinar matahari di negara tropis," Yuna mengingatkan. Itu sebabnya, Ellips Hair Vitamin mengandung prokeratin kompleks (pro vitamin B5, keratin, dan multivitamin kompleks). 

"Formula ini lebih banyak memberikan keuntungan. Rambut menjadi 2 kali lebih sehat dan 2 kali lebih lembut. Selain itu, Ellips Hair Vitamin berbentuk minyak sehingga mudah diserap rambut. Ia akan membentuk lapisan sehingga ketika terkena panas, lapisan pelindung ini menjadi semacam perisai bagi rambut," pungkasnya.
 

Komentar