aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ingin Melakukan Solo Travelling Keliling Dunia, Ini Tips Nila Tanzil

Thursday, 13 July 2017 21:30:00 WIB | Yuriantin
Ingin Melakukan Solo Travelling Keliling Dunia, Ini Tips Nila Tanzil
Solo travelling akan menyenangkan dan lancar bila dilakukan dengan persiapan yang tepat (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Total 34 negara dunia telah Nila Tanzil sambangi. Hampir semua negara tersebut, ia kunjungi sendirian atau sebagai solo travelling. "98% liburan aku lakukan sendirian," ucap wanita 41 tahun ini. 

Berawal dari liburan seorang dirinya ke Eropa semasa kuliah silam, Nila kini bahkan mampu solo travelling bersama buah hatinya yang baru berusia 2 tahun. Kuncinya menurut Nila adalah jangan takut dan harus fleksibel. 

"Yang pertama jangan takut, harus bisa go with the flow," kata Nila yang mengaku sempat kesulitan karena ia merupakan tipe yang perfeksionis. "Awal solo travelling, aku sangat perfeksionis, semua harus direncanakan tapi akhirnya aku belajar untuk fleksibel," sambungnya. 

Salah satu pengalaman yang mendorong Nila untuk lebih fleksibel ketika ia terpaksa harus membatalkan rencananya menyelam di Malapascua, Filipina. "Pas mau diving di Malapascua, ternyata lagi badai Taifun. Akhirnya rencananya gagal, jadi kesal," kenang wanita yang hobi menyelam ini. 

Belajar dari pengalaman tersebut, kini Nila tidak pernah membuat rencana lagi ketika solo travelling. "Kalau enggak bikin rencana lebih enak karena kalau tidak suka tempat yang dikunjungi tinggal pergi, tidak terikat dengan reservasi hotel dan rencana lainnya," ungkapnya.

Selain rencana kegiatan liburan, Nila juga tidak membuat rencana anggaran. Namun, ia berpesan bagi yang ingin membuat daftar anggaran, terapkan sistem anggaran yang longgar. 

"Buat range harga untuk setiap pengeluaran dan selalu siapkan dana untuk biaya yang tak terduga," tutup wanita yang bermimpi menyelam di kepulauan Galapagos dan mengunjungi St. Petersburg, Rusia di kala musim dingin ini.

(yuri / wida)

Komentar