aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Sangat Disarankan, Kenapa Ya?

Thursday, 27 April 2017 15:00:00 WIB | Carisya Nuramadea
Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Sangat Disarankan, Kenapa Ya?
Minum kopi sebelum tidur siang sangat disarankan (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Beberapa orang mengatakan bahwa meminum kafein sebelum mereka tidur siang justru dapat memberikan mereka ekstra energi pada saat mereka bangun tidur nantinya. Kopi dan tidur tidak selalu punya hubungan langsung, dan sebenarnya apakah teori ini masih berlaku?

Menurut ahli tidur Professor Chin Moi Chow dari University of Sydney penelitian kecil yang di dalamnya mengombinasikan kafein dan tidur siang sudah memiliki konklusi yang lebih baik. “Orang yang minum kopi sebelum tidur siang tidak mudah merasa lelah ketika bekerja dua jam berturut-turut dibandingkan mereka yang minum kopi lalu tidak tidur.

Professor Chow menjelaskan bahwa ketika Anda minum kopi, kafein berkumpul di perut sebelum akhirnya pindah ke usus kecil. Kafein ternyata diserap dan dialirkan ke seluruh tubuh—dan butuh sekitar 45 menit untuk menyelesaikan tugasnya itu.

Jadi dalam teori, minum kopi kurang dari 15 menit sebelum tidur siang tidak akan memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur siang karena tubuh belum menerima kafein di rentang waktu itu.

Namun, begitu Anda bangun, Anda tidak hanya mengalami perasaan lebih rileks, tapi juga mendapatkan efek kopi yang Anda konsumsi sebelum tidur. Kafein itu hanya bekerja setelah Anda bangun tidur.

Jadi, pengelolaan waktu sangatlah dianjurkan. Karena, jika Anda menunggu cukup lama untuk tidur setelah minum kopi, Anda bisa merusak pola tidur Anda dan bahkan kinerja Anda.

Professor Chow juga mengatakan bahwa minum kopi sesaat sebelum tidur dapat menumbuhkan energi Anda selama beberapa jam. Oleh karena itu, solusi terbaik adalah buatlah rutinitas tidur yang baik.

(dea/wida)

Komentar