aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Jangan Buang Pohon Natal, Pakai Lagi untuk Tahun Depan atau Seterusnya

Wednesday, 21 December 2016 10:40:39 WIB | AURA
Jangan Buang Pohon Natal, Pakai Lagi untuk Tahun Depan atau Seterusnya
Ilustrasi pohon Natal (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Natal telah tiba, bagi Anda yang merayakannya tentu sudah melakukan berbagai persiapan. Bagaimana dengan pohon Natal?

Bagi Anda yang menggunakan pohon asli sebagai dekorasi Natal, berikut beberapa tips yang dapat dicoba.

1. Ditanam Ulang

Jika Anda menggunakan pohon asli sebagai dekorasi Natal, cobalah untuk menanamnya kembali di halaman rumah. Selain dapat membuat rumah menjadi lebih teduh, pohon cemara juga bisa menjadi sarang bagi burung-burung yang membuat kediaman Anda menjadi lebih sejuk. Syaratnya, akar pohon harus tetap utuh agar bisa ditanam kembali. Setelah dibeli, taruh cemara di dalam pot dengan ukuran yang cukup besar dan siramlah secara rutin setiap hari agar akarnya tetap lembab. Taruh pohon di ruangan dengan AC agar suhunya tetap sejuk, karena cemara lazimnya tumbuh di dataran tinggi dengan suhu rendah. Jauhkan pohon dari suhu panas dan radiasi.

2. Didaur Ulang

Beberapa negara menyediakan jasa daur ulang pohon Natal yang akan menyalurkan pohon-pohon cemara bekas dekorasi untuk ditanam kembali di taman atau area publik. 

3. Dibuat Tatakan Gelas

Pohon cemara dapat diubah menjadi dekorasi yang unik, salah satunya bagian batangnya. Jika Anda menggunakan pohon cemara dengan ukuran batang yang tidak terlalu besar, dapat diubah menjadi dekorasi tatakan gelas atau hiasan dinding. Potong batang pohon dengan gergaji dengan ketebalan sekitar 1/2 inchi. Haluskan kedua permukaannya dengan amplas, kemudian lapisi dengan cat politur.

4. Pengharum Ruangan

Tangkai dan ranting pohon cemara dapat menghasilkan aroma yang menenangkan. Mengubah pohon cemara menjadi pewangi ruangan menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan pohon cemara bekas dekorasi Natal. Potong bagian tangkai dan ranting pohon dengan ukuran kecil-kecil, lalu keringkan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Iris lemon tipis-tipis, siapkan batang kayu manis, cengkeh, dan buah pala, lalu keringkan. Campurkan semuanya ke dalam wadah besar, toples, atau bungkus dengan kertas koran agar wanginya tahan lama.

AURA.CO.ID

Komentar