aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Menarik, Travelling Sambil Mendapat Penghasilan dari Titipan Belanja

Wednesday, 7 December 2016 02:30:27 WIB | aura.co.id
Menarik, Travelling Sambil Mendapat Penghasilan dari Titipan Belanja
Konferensi Pers Airfrov di Jakarta (Dok. PR)

TABLOIDBINTANG.COM - Travelling sambil berbelanja merupakan dua kegiatan yang tidak bisa dipisahkan. Selain berbelanja untuk kebutuhan pribadi maupun oleh-oleh, biasanya Anda juga membeli titipan barang dari kenalan Anda. Tak jarang, Anda justru kerepotan membeli titipan barang yang sebenarnya tidak memberi keuntungan apa-apa untuk Anda.

Melihat peluang ini, Robi Ng asal Indonesia dan Cai Li asal Singapura menciptakan platform titip belanja bernama Airfrov yang telah hadir di Singapura tahun 2015 lalu, dan kini resmi diluncurkan di Indonesia pada Selasa (6/12) di Jakarta.

Nantinya, para travellers (pihak yang pergi ke luar negeri dan membantu membelikan barang) akan memperoleh tip sesuai dengan hasil negosiasi dengan para requesters (pihak yang menitip untuk dibelikan barang).

"Airfrov hadir karena akan selalu ada orang yang membutuhkan barang dari luar negeri dan akan selalu ada orang yang bepergian ke luar negeri. Kami melihat kebiasaan menitip ini sesuai dengan budaya Indonesia, di mana orang-orang suka menitip barang belanjaan ketika temannya bepergian ke luar negeri," ujar Co-founder sekaligus CEO Airfrov, Cai Li.

Selain memperoleh tip, travellers juga bisa mengetahui tren barang yang sedang banyak diburu. Menurut Cai Li, informasi tren ini bisa dijadikan referensi para travellers untuk membelikan oleh-oleh bagi keluarga atau orang terdekatnya.

"Itulah alasan Airfrov disebut sebagai platform discovery titip belanja melalui travellers karena terdapat fitur Trending Requests dan Recommendations by Travellers di aplikasi Airfrov yang berisi informasi tentang tren produk-produk di luar negeri."

Tidak hanya para travellers, para requesters juga bisa memperoleh berbagai keuntungan. Salah satunya adalah rasa aman dalam membeli barang, tutur Marketing Manager Airfrov, Acesa Rebecca Anindita.

"Dengan Airfrov, para requesters akan merasa lebih aman dalam membeli barang, merasakan sensasi seperti memiliki personal shopper, dan bisa memperoleh full refund ketika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang diminta atau rusak," jelasnya.

Untuk mewujudkan rasa aman tersebut, Airfrov menggunakan layanan Doku di mana pembayaran dari para requesters akan ditahan oleh pihak Airfrov dan akan diberikan kepada para travellers ketika barang titipan diterima oleh para requesters.

Semua jenis barang yang tidak melanggar ketentuan hukum dan berasal dari seluruh negara boleh dititip, kata Acesa, dan ia menegaskan tidak terdapat batasan minimal pembelian.

"Kami telah bekerja sama dengan aplikasi ojek online dan jasa pengiriman untuk mengirimkan barang ke requesters, atau bisa juga dengan mengambil di loker-loker yang tersedia di beberapa tempat. Rata-rata barang sampai ke requesters dalam rentang waktu 7 hari," imbuhnya.

Ke depannya, Acesa mengatakan akan bekerja sama dengan berbagai komunitas untuk meningkatkan jumlah travellers. "Kini, Airfrov telah bekerja sama dengan Martha Tilaar. Airfrov ke depannya ingin bekerja sama dengan komunitas untuk meningkatkan jumlah travellers agar semakin cepat proses pelayanannya," tutupnya.

Hingga kini, terdapat sekitar 3000 pengguna Airfrov di Indonesia.

AURA.CO.ID

Komentar