aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mencari KTA Bertenor Panjang yang Menguntungkan? Simak Tips dan Pilihan Berikut Ini

Friday, 7 October 2016 21:30:26 WIB | Infomercial
Mencari KTA Bertenor Panjang yang Menguntungkan? Simak Tips dan Pilihan Berikut Ini
Ilustrasi (depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Kebutuhan hidup jaman sekarang ini acapkali mendesak dan menjadi beban pikiran bagi sebagain besar orang. Beragam hal mulai dari kebutuhan pokok baik yang bersifat primer, sekunder maupun tersier kadang besarnya diluar anggaran akibat kurang disiplin dalam mengelola keuangan keluarga. 

Efek dari kebutuhan mendesak tersebut adalah memaksa orang untuk berhutang. Mengajukan pinjaman kini menjadi  salah satu jalan pintas yang kerap menjadi solusi untuk menutup kebutuhan hidup tersebut. Beragam bentuk pinjaman bisa dipilih, apalagi saat ini segala kemudahan bisa didapatkan dengan semakin majunya dunia perbankan maupun lembaga keuangan baik mikro maupun makro. 

Untuk menghidari anda terjerat hutang yang tak ada ujungnya, sebelum mengajukan pinjaman ada baiknya anda memikirkan beberapa hal seperti berikut ini:

Kondisi keuangan pribadi

Jumlah aset yang kita miliki (ini terutama bagi mereka yang ingin mengajukan kredit multiguna atau pinjaman dengan agunan tertentu)
Riwayat keuangan kita sebelumnya

Dengan memperhatikan beberapa hal diatas tadi, kita akan lebih hati-hati dan disiplin dalam mengelola keuangan. Ini tentu tidak lepas dari sifat pinjaman, apapun bentuknya adalah bersifat hutang, dan bukan tambahan penghasilan. 

Artikel kali ini akan khusus mengulas pinjaman dalam bentuk pinjaman tanpa agunan apapun dengan Tenor atau masa pelunasan yang lebih panjang, berikut dengan tips untuk memanfaatkannya. Dan berikut ulasannya untuk Anda.

Cermati, 14 Bank Berikut yang Menawarkan KTA Tenor Panjang Dengan Segudang Kelebihan 

Mengajukan Pinjaman atau Kredit pada lembaga perbankan masih menjadi primadona jaman sekarang. Selain lebih terjamin karena bersifat resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perwakilan resmi pemerintah di bidang pengawasan keuangan, pinjaman ke bank juga menjamin kepastian plafon pencairan yang besar. Dibalik itu semua, tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku, terutama untuk Kredit Tanpa Agunan yang masih belum populer dibandingkan dengan kredit multiguna. Apa saja syaratnya, 14 bank ini bisa menjadi inspirasi untuk pengajuan KTA Anda.

1. QNB

Bank asing asal negara Qatar ini punya produk andalan bernama Q Personal Loan dengan nilai pinjaman maksimalnya berkisar 150an juta. Tenor yang diajukan bisa mencapai 6 tahun atau 72 bulan. Sayangnya bunga pinjamannya cukup tinggi yaitu berkisar 20,4% per tahun.

2. Standard Chartered

Bank asal negara Inggris ini bisa jadi salah satu rujukan lembaga perbankan untuk ajukan KTA, selain nilai maksimum yang diberikan bisa mencapai 300an juta, tenor yang panjang sampai 5 tahun (60 bulan) juga tentu menjadi pertimbangan. Syaratnya cukup mudah selain dokumen standar (KTP/Kartu Identitas, NPWP, dan Slip Gaji) Anda hanya perlu menyiapkan kartu kredit yang sudah Anda miliki sebelumnya. Limit kartu kredit yang diterima berkisar 10 juta rupiah. 

Semua kemudahan tadi masih ditambahi dengan kecepatan pencairan setelah approval yang butuh kira-kira 3 hari kerja dan bila dalam tempo 3 hari tersebut dana belum cair, maka akan ada kompensasi sekitar 150 ribu. Bunga pinjamannya berkisar 0,99%.

3. ANZ

New Zealand adalah negara asal dari bank yang satu ini. Memiliki setidaknya 3 jenis KTA dengan istilah seperti misalnya; Personal Loan Reguler, Personal Loan Express dan MoneyLine. Menjadikan Bank yang satu ini bisa dinilai cukup variatif dalam hal KTA. 

Sama seperti halnya Standard Chartered dari Inggris, bank ini juga memberikan Tenor sampai 5 tahun (60 bulan) dengan nilai pinjaman maksimal berkisar antara Rp 200.000.000 hingga Rp 250.000.000, dengan persyaratan permohonan pengajuan yang sama dengan yang ada di bank-bank lainnya. 

4. Maybank

Sebelumnya bank ini bernama BII, seiring dengan perubahan sistem korporasi internalnya, kini bank ini beralih nama menjadi Maybank. Maybank memiliki dua sistem KTA yang dibedakan berdasar bentuk rekening nasabah, yaitu payroll dan nonpayroll. 

Bagi Anda nasabah yang menggunakan tipe rekening payroll di bank ini, Anda bisa dengan senang mengajukan KTA pada pihak bank karena nilai maksimal yang bisa dicapai hingga 250an juta, dengan tenor pinjaman 5 tahun atau 60 bulan. Sementara untuk nasabah nonpayroll anda juga bisa mengajukan KTA pada pihak bank dengan nilai pinjaman maksimum 150juta dan tenor 3 tahun. Untuk bunga pinjamannya mulai sekitar 0,99% per tahunnya.

5. BNI

Bank BUMN ini juga punya produk KTA dengan nama KTA BNI Fleksi, dengan besaran pinjaman berkisar antara Rp 100.000.000-Rp 150.000.000 dan bunga 10,5% hingga 12,5% per tahunnya. Bunga yang ada bersifat fleksible menyesuaikan dengan tenor pinjamannya. Semakin cepat maka semakin rendah pula bunganya. 

6. Permata Bank

Produk KTA yang dimiliki oleh bank ini bernama PermataKTA Speed dengan proses pengajuan pinjaman yang memakan waktu relatif cepat satu hari saja. Besaran maksimal yang bisa diajukan berkisar 300juta rupiah dengan tenor selama 60 bulan (5 tahun).

7. BTN 

Terdapat produk sejenis KTA bagi Anda yang berstatus PNS atau Karyawan Swasta, dengan nama produk BTN Kring (Kredit Ringan), syarat yang diajukan tidak membutuhkan kartu kredit, hanya perlu SK (Surat Keputusan) pengangkatan sebagai PNS atau Karyawan Tetap perusahaan swasta ternama. Nilai maksimum yang mungkin bisa diajukan berkisar antara 100 juta-an dengan tenor 60 bulan atau 5 tahun, fasilitas yang didapat salah satunya adalah asuransi. 

8. Bank BJB

Bank yang berstatus BUMD ini juga memiliki produk sejenis KTA dengan nama produk Kredit Guna Bhakti yang diperuntukan bagi mereka yang berstatus PNS dan Karyawan Swasta. Tenor maksimal yang diajukan bisa cukup panjang, 15 tahun dengan nilai maksimum sebesar 100 juta rupiah.

9. CTBC Bank 

Berasal dari negara Taiwan, bank yang satu ini memiliki KTA dengan nama produk KTA Dana Cinta. Nilai maksimum yang bisa diajukan berkisar Rp 200.000.000 dengan tenor maksimum 5 tahun atau 60 bulan dengan suku bunga pertahun mencapai 15,48%.

10. Bank Mandiri

Salah satu bank terbesar di Indonesia ini memiliki produk KTA dengan nama Mandiri KTA, yang bisa menjadi salah satu alternatif pengajuan KTA dengan nilai maksimum berkisar hingga 200an juta rupiah dan tenor 5 tahun. Dalam pengajuannya akan dikenakan potongan 3% untuk biaya provisi, biaya admin dan asuransi. 

11. CIMB NIAGA

KTA X-tra Dana adalah nama produk KTA yang dimiliki bank ini, dengan sasaran utama masyarakat kelas menengah dengan pendapatan rata-rata berkisar 36 juta pertahun. Nilai maksimal pinjaman yang mungkin diajukan adalah 200juta rupiah dengan tenor 48 bulan atau 4 tahun, bunga yang ada dinilai cukup kompetitif berkisar 19,08% per tahun. 

12. Bank BNP 

Bank ini memiliki banyak produk KTA dengan berbagai macam nama produk seperti misalnya;  KTA Payroll, KTA General, KTA Scheme Khusus, serta KTA General Extra.Masing-masing KTA memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, perbedaan utamanya adalah pada tenor dan besaran suku bunga yang ada. 

13. Bank BRI

Bank pemerintah ini memiliki produk KTA untuk karyawan internal BRI serta PNS dengan nama BRIGuna. Tenor yang diajukan mencapai 10 tahun dengan fasilitas lain seperti misalnya asuransi jiwa. 

14. Bank Bukopin 

Produk KTA yang dimiliki bank ini hadir dengan nama Bukopin Kredit Serba Guna (KSG). KTA ini khusus didesain sebagai produk KTA untuk masyarakat menengah dengan penghasilan rata-rata 2 juta rupiah perbulan. Tenor yang diajukan adalah 60 bulan atau 5 tahun dengan nilai pengajuan maksimal Rp 150.000.000 tentu bisa menjadi salah satu alternatif KTA. 

Segudang kelebihan dari beragam aspek tadi adalah harus tetap disikapi dengan bijaksana, sebab sebagaimana telah diperbincangkan diawal, bahwa KTA adalah salah satu pinjaman yang tetap bersifat pinjaman dan bukan tambahan penghasilan. Lalu bagaimana pengelolaan salah satu inspirasi pengelolaan KTA? Artikel kali ini masih memiliki tipsnya. 

Dok. tabloidbintang.com
Dok. tabloidbintang.com

Mengelola KTA Yang Telah Dicairkan Bank? Berikut Tipsnya

Dana KTA yang telah dicairkan oleh pihak bank ada baiknya untuk segera bisa dikelola seefektif dan efisien mungkin. Berikut ada beberapa inspirasi tips mengelola KTA bertenor panjang untuk beragam kebutuhan. 

1. KPR dan KTA

Salah satu ide pengelolaan dana KTA adalah menjadikannya sebagai properti milik pribadi atau membeli rumah atau lahan tertentu yang pas sebagai hunian atau investasi. Tentu saja hal ini bisa dilakukan jika tenor KTA anda lebih dari 5 tahun serta dana yang cair mencukupi.

Namun perlu diingat, menggunakan dana KTA untuk uang muka pembelian atau pelunasan properti harus mempertimbangkan banyak aspek seperti misalnya; usia saat mulai mencicil atau membeli properti, tenor atau lama pelunasan KTA, serta peluang investasi lanjutan. Ini tentu perlu mendapat perhatian serius karena Anda akan terbebani oleh dua cicilan, yang pertama tentu saja cicilan KTA anda, sisanya adalah KPR untuk kepemilikan rumah atau properti.

2. Modal Usaha dan Investasi

Hal ini adalah banyak menjadi alasan seseorang untuk mengajukan KTA di bank. Selain untu memenuhi kebutuhan pribadi, dana dari hasil pencairan KTA tentu bisa dipergunakan sebagai modal usaha sampingan. 

Selain pas dan tepat guna, menjadikan dana KTA sebagai modal usaha juga adalah satu hal yang cerdas dalam pengelolaan keuangan. Satu sisi Anda dapat menikmati dana dari keuntungan usaha, sisi lain Anda tentu tak perlu repot memikirkan cara mengembalikan dana KTA anda pada pihak bank karena dana yang ada sudah berputar dalam bentuk investasi. Cermat memilih investasi adalah kunci dari pengelolaan dana KTA semacam ini.

Kembali kepada sikap mental serta bijaksana dalam mengelola keuangan adalah kunci sukses. Menghindari agar jangan sampai KTA anda menjadi beban tentu adalah satu modal utama agar jangan sampai anda mengalami kredit macet atau bermasalah. 

Komentar