aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Mencegah Rumput Liar yang Tumbuh di Pekarangan Rumah

Friday, 13 November 2020 03:00:53 WIB | HOME.CO.ID
Kiat Mencegah Rumput Liar yang Tumbuh di Pekarangan Rumah
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Rumput liar yang tumbuh di sekitar pekarangan rumah memang bisa merusak pemandangan  karena biasanya mereka tumpuh tidak teratur. Rumput liar bahkan bisa tumbuh dengan cepat pada spot-spot terkecil seperti di sela-sela batu atau paving pada jalan setapak. 

Nah, untuk mencegah tumbuhnya rumput liar pada perkarangan rumah, berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan:

Kertas Koran
Setelah Anda memangkas beberapa rumput liar, segera tutupi rumput yang masih melekat di paving dengan menggunakan kertas koran. Anda bisa menggunakan kertas koran untuk menahan pertumbuhan rumput liar sekaligus membuatnya mati. Caranya, lampirkan kertas koran pada permukaan yang ditumbuhi rumput yang nantinya akan dijadikan pathways.  Setelah itu, tambahkan batuan atau pavers. Keberadaan koran ini disebut mampu menangkal tumbuhnya rumput liar hingga beberapa tahun mendatang.

Plastik Hitam
Plastik hitam dapat berfungsi untuk menghalangi tanaman mendapatkan cahaya matahari, membuat rumput tidak akan hidup lama. Sebab, rumput tetap saja membutuhkan cahaya matahari untuk proses berfotosintesis. Agar plastik tidak terbang, tahan dengan batuan di atasnya. Pastikan kantung plastik yang ada melapisi seluruh permukaan rumput dan jangan sampai ada bolong atau kebocoran sedikitpun.

Garam 
Garam adalah bahan yang selalu tersedia di setiap dapur, ternyata dapat digunakan pula untuk membasmi dan menghilangkan rumput liar. Cukup taburkan garam di tempat yang ditumbuhi rumput liar. Garam tersebut akan menghisap kelembapan sehingga rumput mengering dan mati.

Tumpukan jerami yang setengah busuk 
Menggunakan mulch atau semacam tumpukan jerami yang dibiarkan setengah membusuk. Mulch juga bisa dihasilkan dari gergaji atau potongan kecil kayu, atau daun-daun kering. Caranya dengan menaburkan mulch dan meratakannya hingga menutupi seluruh permukaan rumput. Pastikan rumput tersebut benar-benar tertutupi. 
Mulch akan menghalau sinar matahari sehingga tidak dapat mengenai rumput. Mulch juga menjaga agar kelembapan udara menjadi berkurang, sehingga rumput akan mati perlahan-lahan karena kekeringan.

Air Mendidih 
Bila Anda sering membuat rebusan sayur atau merebus apa saja seperti mie instan, jangan buang begitu saja air sisa rebusannya, namun gunakan untuk menyiram rumput liar. Cara menghilangkan rumput liar dengan air mendidih dapat membuat tanaman menciut dan mati.

Cairan Pembasmi Rumput
menggunakan cairan kimia khusus dapat mematikan pertumbuhan rumput secara cepat, yang biasanya digunakan untuk mematikan pertumbuhan rumput liar. Semprotkan saja cairan ini pada area yang memiliki rumput liar. Maka rumput pun bisa mati dengan mudah. Namun sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakan cairan kimia karena akan berdampak negatif terhadap tanaman lain yang berada di sekitar rumput liar.

Komentar