aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Membuat Media Tanam Cocopeat

Wednesday, 21 October 2020 23:00:26 WIB | HOME.CO.ID
Cara Membuat Media Tanam Cocopeat
Bagi pencinta dan pelaku hidroponik, cocopeat bukan sekadar bubuk sabut kelapa.

TABLOIDBINTANG.COM - Bagi pencinta dan pelaku hidroponik, cocopeat bukan sekadar bubuk sabut kelapa. Ini merupakan salah satu media tanam yang bagus untuk tumbuhan hidroponik. Sifatnya yang menyerap dan menyimpan air jadi salah satu alasan mengapa cocopeat cocok untuk metode menanam tersebut. Sebab itu, mereka selalu membutuhkan cocopeat.

Media tanam ini bisa didapatkan atau dibeli di hampir setiap toko tani. Tapi jika bisa membuatnya sendiri, mengapa harus beli. Hal ini sudah pasti bisa menghemat pengeluaran. Terlebih cocopeat sendiri terbilang mudah dibuat. Hanya perlu menghancurkan serabut kelapa sampai berukuran sangat halus melalui serangkaian proses, sehingga menghasilkan serat/ fiber kelapa dan bubuk kelapa (cocopeat).

Adapun alat-alat yang digunakan untuk membuat cocopeat antara lain :

-Mesin pengayak

-Mesin pres

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

-Bubuk sabut kelapa

Langkah-langkah/cara pembuatan :

- Jemur bubuk sabut kelapa mentah selama sehari penuh untuk menurunkan kadar air yang terkandung di dalamnya hingga mencapai 15 persen.
-Bubuk kelapa yang telah kering selanjutnya diayak sehingga menghasilkan bubuk yang memiliki ukuran sangat halus yang biasa disebut dust. Sisa pengayakan berupa bubuk sabut kelapa berukuran kasar bisa Anda olah menjadi bahan pembuat batubata atau papan serbuk.

Dust yang merupakan bubuk sabut kelapa berukuran sangat halus ini kemudian ditekan menggunakan mesin pres untuk membentuknya menjadi balok. Tujuannya, supaya cocopeat ini mudah dikemas, didistribusikan, dan digunakan sesuai kebutuhan. Pengemasan cocopeat biasanya menggunakan plastik transparan, lalu dikumpulkan di dalam karung.

Komentar