aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Biji Kopi Nusantara yang Layak Dinikmati Rekomendasi Chicco Jerikho

Friday, 16 October 2020 01:30:31 WIB | aura.co.id
5 Biji Kopi Nusantara yang Layak Dinikmati Rekomendasi Chicco Jerikho
Chicco Jerikho (dok.tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk Anda penggemar kopi militan maupun yang rutin menjalani ritual ngupi-ngupi cantik bersama teman-teman, Chicco Jerikho merekomendasikan lima biji kopi Nusantara yang layak dinikmati.

1.    Kopi Benteng Alla (Sulawesi)

Begitu menyebut kopi nikmat, aktor kelahiran 3 Juli ini langsung teringat Benteng Alla Utara, Kecamatan Baroko, Enrekang, Sulawesi Selatan. Beberapa situs menyebut Enrekang area yang dianugerahi Tuhan dengan tanah latosol podsolik. Komposisi tanah yang kemerahan, cokelat, dan kuning ini ternyata bersifat asam. Inilah jenis tanah yang dikenal sebagai jodoh terbaik bagi petani kopi dan palawija. Kebun kopi di Enrekang konon sudah ada sejak tahun 1750.

“Rasanya enak. Sweetness sekaligus asamnya bisa dinikmati. Yang khas dari kopi Benteng Alla, sensasi pedas di dalamnya. Dalam secangkir kopi ini, Anda dan saya menikmati passion fruit seperti jeruk,” serunya kepada Bintang.

2.    Kopi Kintamani (Bali)

Tanah yang diyakini sebagai pulaunya para dewa ini tidak hanya menyediakan lanskap dengan tingkat keindahan yang diakui dunia. Kopi Kintamani (Arabica Bali Kintamani Natural), salah satu yang menjadi identitas Bali di mata dunia. “Yang paling menonjol menurut saya manisnya. Mewakili mereka yang berprinsip: kalau ngopi, manisnya harus nendang,” beri tahu Chicco. 

3. Kopi Malabar (Jawa Barat)

“Kopi Malabar memiliki sweetness yang menyerupai cokelat. Saya menyebut kopi ini unik,” ujarnya lalu menambahkan, Malabar memiliki sensasi buah. Beberapa penikmat kopi bilang ada nuansa jeruk dalam kopi Malabar.

4.    Kopi Wamena (Papua)

Dalam dunia kopi, dikenal istilah acidity atau kadar keasaman yakni rasa asam yang terasa dan kemudian tertinggal di lidah kita saat menikmati secangkir kopi. Rasa asam itu biasanya terasa di bagian atas lidah. Asam dalam secangkir kopi terbagi dalam tiga level: low, medium, serta high acidity. High acidity biasanya disebut bright. “Nah, bright acidity yang tersimpan di kopi Wamena itu sangat enak! Saya rekomendasikan kopi dari Timur Indonesia ini,” kata Chicco.  

5. Aceh Gayo (Naggroe Aceh Darussalam)

Inilah kopi yang mendapat ulasan beragam. Ada yang bilang kopi Gayo memiliki karakter khas gurih-hampir-tidak-pahit. Ada yang bilang, kopi Gayo unggulan dengan cita rasa internasional ala Jamaika. Ada lagi yang bilang, kopi Gayo definisi sempurna dari rasa pahit yang nyaris tidak tertinggal di pangkal lidah. 

“Kopi Aceh Gayo ini membuat saya sadar secara personal bahwa cita rasa kopi itu seperti karakter Indonesia yang beragam. Dari ujung Barat sampai Papua di Timur. Kopi layaknya manusia yang memiliki watak sendiri,” Chicco berkomentar.

Komentar