aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

4 Tahap yang Harus Dilewati Jika Ingin Menjadi Barista Andal Menurut Chicco Jerikho

Friday, 16 October 2020 02:30:58 WIB | aura.co.id
4 Tahap yang Harus Dilewati Jika Ingin Menjadi Barista Andal Menurut Chicco Jerikho
Chicco Jerikho (dok.tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Saking cintanya kepada kopi, Chicco Jerikho pernah menjalani kursus meracik kopi selama empat hari di kelas ABCD Pasar Santa, Jakarta.

Kursus dimulai pukul 9 sampai sore. Lebih ke praktik. ABCD adalah kependekan empat tahap yang harus dilewati jika ingin menjadi barista andal. 

Pertama, appreciation yakni mengenali biji kopi, asal-muasal atau sejarah kopi dan mempelajari siklus hidup kopi mulai dari tanaman kopi itu ditanam hingga akhirnya dipanen.

Kedua, brewing yaitu belajar menyeduh kopi. Menyeduh kopi ternyata tidak sembarangan. Ada kalibrasi, ukuran, serta rasio antara bubuk kopi dan volume air.

Ketiga, cupping. Maksudnya, menilai kopi dengan cara mencium aroma kemudian mencicipi cita rasa kopi yang tersaji.

Yang terakhir, definitive espresso atau membuat kopi seperti cappuccino dan latte menggunakan espresso machine. Chicco belajar menggunakan espresso machine. Setelah lulus, bintang film Filosofi Kopi itu magang ke beberapa kedai kopi untuk menajamkan kemampuan meracik dan membuat latte art.

Ia bekerja di beberapa kedai kopi seperti Coffee Culture di Bali, Pilastro Lounge di Medan, Double Shot di Makassar, Kopikina serta One Fifteenth Coffee di Jakarta.

Komentar