aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Bunga Safflower, Selain Indah juga Kaya Manfaat

Monday, 28 September 2020 17:30:09 WIB | HOME.CO.ID
Bunga Safflower, Selain Indah juga Kaya Manfaat
Manfaat pertama bunga safflower—selain untuk urusan estetika rumah—adalah untuk masakan.

TABLOIDBINTANG.COM - Tanaman hias bunga safflower atau yang biasa dikenal dengan kesumba, memang terkenal akan keindahannya. Makanya, tanaman ini kerap dipakai untuk mempercantik hunian. Namun selain indah, tidak banyak yang tahu kalau tanaman ini juga ternyata kaya akan manfaat.

Manfaat pertama bunga safflower—selain untuk urusan estetika rumah—adalah untuk masakan. Ya, banyak yang menanam safflower di rumah untuk dimanfaatkan bijinya. Sebab secara tradisional, biji safflower bisa digunakan untuk mewarnai makanan, bahkan sebagai penyedap rasa. Biji bunga ini juga umum dipakai untuk pewarnaan kain.

Untuk pemanfaatan yang lebih modern, biji bunga safflower biasanya diekstrak untuk kemudian diolah menjadi minyak. Minyak ini lalu dikonsumsi untuk mengurangi gejala penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan arterioklerosis (pengerasan pembuluh darah). Kendati demikian, sampai saat ini belum ada hasil penelitian yang menjelaskan hubungan antara minyak dari ekstrak biji bungan safflower dengan penyakit-penyakit tersebut.

Selain dimanfaatkan untuk obat, minyak safflower juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai suplemen diet. Ini lkarena minyak safflower telah terbukti mengandung sedikit lemak jenuh. Karena kandungan itu pula, minyak safflower dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tertimbun di dalam tubuh.

Komentar