aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Bambu Kuning, Tanaman Hias yang Menarik

Saturday, 19 September 2020 21:00:22 WIB | HOME.CO.ID
Bambu Kuning, Tanaman Hias yang Menarik
Bambu kuning sudah sangat umum dijadikan sebagai tanaman hias di depan rumah.

TABLOIDBINTANG.COM - Bambu kuning sudah sangat umum dijadikan sebagai tanaman hias di depan rumah. Dengan warnanya yang sangat menarik, bambu kuning juga dapat dijadikan sebagai pelapis dinding ataupun  pagar. Bambu kuning termasuk jenis bambu hias yang memiliki bentuk dengan cabang dan ruas batang yang berwarna kuning, ukuran batang kecil atau ramping, dan juga tidak tumbuh terlalu besar.

Bambu Kuning mempunyai nama latin Bambusa Vulgaris atau ada juga yang menyebut bambu Panda.  Ciri Bambu kuning ini adalah batangnya bisa tumbuh tinggi hingga 5 sampai 10 meter dengan diameter batangnya bisa mencapai 8 centimeter. Bambu kuning juga memiliki daun berwarna hijau sepanjang 12 centimeter dengan lebar daun sekitar 2 centimeter.

Selain sebagai tanaman hias, bambu ini juga dipercaya sebagai penolak gangguan mistis, sama halnya dengan tanaman palem merah. Walaupun hal ini belum jelas bisa dibuktikan secara logika, tapi tanaman ini mempunyai warna cerah yaitu kuning sehingga bisa membawa kecerahan pada lingkungan rumah.

Bambu kuning banyak dibudidayakan di wilayah tropis. Spesies bambu ini bisa tumbuh sampai pada ketinggian 1.000 meter dan sanggup bertahan pada suhu -3 derajat celcius. Bambu jenis ini juga bisa digunakan sebagai pengendalian erosi pada lereng atau dasar sungai, air hasil dari rebusan rebung juga bisa dijadikan sebagai obat. Saat ini, bambu kuning banyak dijadikan sebagai bahan kerajinan seperti kursi, meja, tiang-tiang rumah yang berbasis alam.

Komentar