aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

62 Persen Konsumen Indonesia Pilih Kartu Kredit, Debit, dan Aplikasi buat Transaksi

Friday, 18 September 2020 00:44:01 WIB | Adi Adrian
62 Persen Konsumen Indonesia Pilih Kartu Kredit, Debit, dan Aplikasi buat Transaksi
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Wabah Covid-19 yang terus meluas di Tanah Air mengondisikan masyarakat beraktivitas dari rumah. Selain bekerja, masyarakat mulai terbiasa belanja daring. Sistem pembayaran sebisa mungkin nontunai. Jika terpaksa belanja di toko luring, transaksi dilakukan dengan minim kontak. Ini terungkap dalam diskusi virtual bertema “Pembayaran Contactless, Tren yang Makin Diminati di Era Digital” bersama Visa dan Bank Mandiri pekan ini. President Director PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, membeberkan data menarik.

Ia mengatakan kebiasaan nontunai terbentuk secara cepat dan diperkirakan tetap diminati di era serbadigital saat ini. “Berdasarkan studi terbaru Visa, 62 persen konsumen Indonesia memilih membayar pakai kartu kredit, debit, dan aplikasi mobile, dibandingkan uang tunai, saat berbelanja kebutuhan esensial di toko akibat pandemi,” beri tahu Riko. Lebih lanjut, ia menyatakan konsumen lebih terbiasa dengan perdagangan serbadigital dan menggunakan pembayaran contactless untuk kebutuhan sehari-hari.

Kolaborasi Visa dan Bank Mandiri untuk memperluas awareness, adopsi, dan penggunaan kartu contactless dalam menjawab kekhawatiran pemegang kartu dari segi keamanan belanja. Pemegang kartu Mandiri Visa contactless cukup tap kartu di kasir untuk transaksi hingga satu juta rupiah tanpa perlu otentikasi PIN. Kartu Mandiri Visa contactless juga menawarkan level keamanan tertinggi lewat basis chip EMV. Setiap transaksi dilengkapi kode sekali pakai, spesifik per transaksi, sehingga melindungi informasi pembayaran yang sensitif.

Sementara itu, Bank Mandiri mencermati perubahan pola transaksi dan kebutuhan konsumen, khususnya di masa pandemi. “Dengan meningkatnya pemahaman teknologi digital, security dalam bertransaksi serta faktor higienis saat belanja kebutuhan harian atau esensial lain, kini konsumen cenderung memilih membayar di toko yang aman dan meminimalkan kontak fisik. Kartu Mandiri Visa contactless diharapkan jadi solusi terbaik,” terang Senior Vice President Credit Card Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Lila Noya.

Komentar