aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mempercantik Rumah dengan Bunga Tulip (1)

Monday, 14 September 2020 12:00:23 WIB | HOME.CO.ID
Mempercantik Rumah dengan Bunga Tulip (1)
Asalkan kondisinya sesuai atau ideal untuk tumbuh kembang tulip, tanaman ini bisa tumbuh di mana saja, termasuk Indonesia. 

TABLOIDBINTANG.COM - Tulip selalu dikatikan dengan Belanda karena bunga tersebut tumbuh subur di sana. Di Iran dan Turki, tulip juga jadi bunga nasional karena dapat tumbuh di kedua negara tersebut.

Namun, bukan berarti tulip tidak bisa hidup dan menghiasi taman-taman atau bahkan rumah-rumah di Indonesia. Sebab asalkan kondisinya sesuai atau ideal untuk tumbuh kembang tulip, tanaman ini bisa tumbuh di mana saja, termasuk Indonesia. 

Sekadar informasi, tulip berasal dari genus Tulipa dalam famili Liliaceae alias bawang-bawangan. Di habitat aslinya yakni Asia Tengah, tanaman ini tumbuh secara liar di tempat yang memiliki ketinggian antara 7.000-8.000 mdpl. Ketinggian tersebut memiliki suhu yang cukup dingin karena memang itulah suhu ideal untuk tumbuh kembang tulip.

Mengingat kondisi alam yang jadi habitat tulip berbeda dengan iklim di Indonesia, maka butuh perlakuan khusus agar bunga ini bisa tumbuh dan mekar sehingga mampu mempercantik tampilan rumah. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan jika ingin menjadikan tulip sebagai tanaman hias di rumah.

Dok. tabloidbintang.com
Dok. tabloidbintang.com

Manfaatkan AC

Pada dasarnya, tulip dapat tumbuh dengan normal jika dipelihara di tempat yang memiliki suhu antara 17-18°C. Namun karena kebanyakan daerah di Indonesia bersuhu 27-30°C, maka mau tidak mau Anda harus menanamnya di ruangan yang telah dilengkapi AC. Nyalakan AC dan atur suhunya mencapai titik derajat yang dimaksud. Agar lebih hemat energi, sebaiknya anda membudidayakan beberapa tanaman tulip sekaligus.

Jauhkan dari tempat lembap

Dengan tujuan mendapatkan suhu ruangan yang ideal secara gratis, lantas anda meletakkan tulip di kamar mandi atau ruangan yang memiliki tingkat kelembapan tinggi lainnya. Padahal, ini salah dan sangat tidak disarankan. Sebab, hal tersebut justru dapat membuat umbi tulip jadi busuk. Di samping itu, tempat yang lembap juga akan memicu tumbuhnya jamur yang bakal mematikan bibit tulip Anda.

Komentar