aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mengenal Turnera Subulata, Bunga Jam 8 Pagi

Monday, 14 September 2020 06:30:35 WIB | HOME.CO.ID
Mengenal Turnera Subulata, Bunga Jam 8 Pagi
Sebutan bunga pukul delapan ini sesuai dengan waktu mekar bunga tersebut, yakni setiap pukul delapan pagi.

TABLOIDBINTANG.COM - Satu dari sekian banyak tanaman hias yang dapat mempercantik taman di halaman rumah adalah turnera subulata. Sebab, tanaman ini memiliki bunga yang cantik dengan kelopak yang umumnya berwarna putih bersih. Di bagian dalam bunga, gradasi dari warna putih-kuning-hitam pun kian menambah keindahan bunga yang familiar dengan nama bunga pukul delapan tersebut.

Mekar di pagi hari

Sebutan bunga pukul delapan pada turnera subulata ini sesuai dengan waktu mekarnya, yakni setiap pukul delapan pagi. Bunga ini kemudian akan kembali kuncup saat hari mulai siang. Selain bunga pukul delapan, sebutan lain yang melekat pada tanaman ini adalah bunga mentega. Gradasi dari putih-kuning-hitam membuat bunga itu sekilas nampak berwarna kuning pucat layaknya mentega.

Turnera subulata termasuk dalam famili Turneraceae. Habitat aslinya berada di sepanjang Amerika Tengah sampai Amerika Selatan (Panama-Brazil). Tanaman bunga ini juga termasuk tumbuhan perdu yang bisa tumbuh tinggi hingga 80 cm. Hebatnya lagi, untuk menghiasi rumah, tanaman ini bisa diletakkan di mana saja. Baik di dalam pot gantung untuk menghiasi dinding, maupun area taman untuk mempercantik halaman.

Tanaman yang menyukai air ini dapat tumbuh subur di tanah yang gembur. Maka untuk merawatnya, cukup dengan memantau kepadatan tanah dan menyiramnya sebanyak dua kali sehari (pagi dan sore) saat musim kemarau. Frekuensi penyiraman dikurangi saat musim hujan karena suhu yang lembap mampu membawa uap air pada tanaman tersebut.

Sebagai tambahan, turnera Subulata dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Asalkan, kebutuhan air dan cahaya matahari terpenuhi. Selain itu, di samping berfungsi sebagai elemen estetika, tanaman ini juga ternyata memiliki manfaat medis. Di negara asalnya, turnera subulata menjadi obat herbal untuk batuk, gangguan pencernaan, dan penyakit kulit. Ini bisa dilakukan turnera subulata karena zat alami khusus yang dikandungnya.

Komentar