aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Pinjaman Khusus Buat 10 Ribu UMKM Selama Wabah Covid-19

Friday, 19 June 2020 08:24:14 WIB | Adi Adrian
Pinjaman Khusus Buat 10 Ribu UMKM Selama Wabah Covid-19
Jika UMKM tak ditopang, maka akan berdampak buruk terhadap perekonomian negara.

TABLOIDBINTANG.COM - Dampak wabah Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 dirasakan berbagai pelaku usaha termasuk usaha mikro kecil menengah alias UMKM.

Jika UMKM tak ditopang, maka akan berdampak buruk terhadap perekonomian negara. Karenanya, pemulihan ekonomi dimulai Juni 2020 dengan melibatkan banyak pihak. Shopee misalnya, meluncurkan bantuan ekonomi lewat program “Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee” yang menyasar para pelaku UMKM. Ini salah satu upaya Shopee mendukung Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menjelaskan program “Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee” adalah komitmen lanjutan setelah merilis program stimulus “Dukungan Covid-19 100M Shopee.” Program ini untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha yang terdampak Covid-19. “Selain menyediakan bunga pinjaman spesial dan stimulus modal, Shopee menghadirkan inisiatif ekspor untuk terus memperluas jangkauan mitra penjual UMKM. Semoga bantuan ekonomi ini tepat guna dan membantu UMKM,” beri tahu Handhika lewat keterangan pers yang kami terima, minggu ini.

Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee setidaknya mencakup tiga hal. Pertama, bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia menyediakan bunga pinjaman spesial kepada lebih dari 10 ribu UMKM. “Kerja sama ini memudahkan pelaku UMKM mengakses bantuan modal dengan meminimalkan persyaratan administrasi,” urai Handhika. Kedua, membantu 20 ribu UMKM lokal mengekspor produk ke Malaysia dan Singapura. Ketiga, mengalokasikan 17 miliar rupiah untuk meningkatkan transaksi UMKM lokal dan pengguna.

Selain itu, ada subsidi voucer toko untuk penjual baru agar membantu pelaku UMKM baru di Shopee dalam mempromosikan toko serta menjaring konsumen. Ada pula keringanan biaya layanan dan subsidi kredit iklan untuk meningkatkan visibilitas toko maupun produk. “Di sisi lain pembeli mendapat promosi uang kembali dan voucer di puncak kampanye 7.7 Pesta Diskon Supermarket, voucer gratis ongkir di ShopeeMart, serta berbagai hadiah menarik dari bermain gim di aplikasi Shopee,” pungkasnya.

Komentar