aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Transaksi Nontunai dan Contactless Makin Tren, Kata Studi Terbaru

Sunday, 19 April 2020 14:25:54 WIB | Adi Adrian
Transaksi Nontunai dan Contactless Makin Tren, Kata Studi Terbaru
Ilustrasi (depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Studi Consumer Payment Attitudes tahun lalu yang dirilis Visa berkolaborasi dengan Engine Insights menemukan sejumlah fakta menarik. Salah satunya, masyarakat Indonesia makin tertarik menggunakan pembayaran digital.

Studi ini membeberkan, 2 dari 3 orang Indonesia mencoba bepergian tanpa uang tunai selama beberapa hari, terutama Gen Y (71 persen) dan affluent (77 persen). Minat akan hal ini diperkirakan melonjak. Hampir 3 dari 4 orang memprediksi adopsi pembayaran nontunai mereka meningkat di tahun depan.

Khususnya, bagi konsumen affluent (83 persen). Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, mengungkap beragam opsi pembayaran nontunai yang tersedia berikut segudang manfaatnya mendorong masyarakat Indonesia memilih bepergian tanpa uang tunai. Kenyamanan, kemudahan, dan keamanan juga jadi alasan mereka beranjak ke transaksi nontunai.

“Bahkan studi Consumer Payment Attitudes menyebut satu dari dua responden memperkirakan masyarakat nontunai dapat terealisasi dalam dua atau lima tahun ke depan di Indonesia,” Riko menerangkan.

Studi juga menunjukkan meningginya ketertarikan mengadopsi pembayaran contactless. Tak kurang dari 70 persen pemegang kartu contactless lebih sering memakai teknologi ini jika dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Pemahaman soal transaksi contactless naik 13 persen jika dibandingkan tahun lalu. Konsumen menilai transaksi contactless inovatif dan mudah dipakai. Karenanya, 77 persen responden pemegang kartu contactless memanfaatkannya setidaknya seminggu sekali. Segmen affluent pengguna yang paling intens.

“Teknologi contactless memungkinkan konsumen membayar hanya dengan sekali tap saat membeli kebutuhan sehari-hari. Tanpa otorisasi pin atau tanda tangan, untuk pembelian hingga sejuta rupiah,” urai Riko dalam siaran pers yang kami terima pekan ini.

Tingkat keamanannya sama dengan kartu berbasis chip EMV lain. “Kecepatan dan kenyamanannya lebih terasa karena kartu contactless tetap di genggaman konsumen selama proses transaksi,” Riko mengakhiri.

Komentar