aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Memanjakan Imajinasi Sambil Baca Novel Dimana Saja dan Kapan Saja

Monday, 16 September 2019 18:36:18 WIB | Romauli Gultom
Memanjakan Imajinasi Sambil Baca Novel Dimana Saja dan Kapan Saja
Aplikasi NovelMe menjadi salah satu platform novel online yang menghadirkan ribuan pilihan novel seperti My Superhero, Mendadak Nikah, My Secret Love, Bad in Fairy, Suami Negeri Dongeng.

TABLOIDBINTANG.COM - Membaca novel tentunya menjadi aktivitas yang banyak digemari kebanyakan wanita. Ini dianggap menjadi salah satu mood booster di tengah kepenatan sembari memanjakan imajinasi mereka.

Namun, bentuk novel yang tebal kerap menjadi penghalang untuk dibaca dimana pun karena cukup berat dibawa. Oleh karena itu, seiring berkembangnya teknologi, kini hadir platform baca novel online untuk memudahkan penggemar membaca novel di mana saja dan kapan saja.

“Pembaca cukup hanya menggeser layar ponsel dan sudah dapat menikmati ribuan pilihan novel yang mereka sukai,” ujar Tim Editor NovelMe.

Aplikasi NovelMe menjadi salah satu platform novel online yang menghadirkan ribuan pilihan novel seperti My Superhero, Mendadak Nikah, My Secret Love, Bad in Fairy, Suami Negeri Dongeng. Pilihan genre yang semakin lengkap memanjakan imajinasi pembaca, mulai dari romance, fantasi, petualangan, action. 

Pada awal diluncurkan NovelMe merupakan platform gratis. Pembaca bisa memberikan bintang kepada karya favorit, sehingga karya yang menduduki peringkat teratas dapat memenangkan hadiah uang senilai Rp. 16.000.000 dari total hadiah senilai Rp. 135.000.000 yang sepenuhnya ditanggung oleh NovelMe. 

Namun pada 19 Juli 2019 platform fiksi online ini tidak dapat menunda keputusan untuk mengunci novel-novel favorit.  Pembaca diminta untuk membeli koin untuk dapat membuka bab-bab berbayar, senilai minimal Rp 100 untuk setiap bab.

Mengapa harus membayar? Tim editor NovelMe pun memberikan tanggapan. “Pembaca mungkin tidak tahu betapa sulitnya menerbitkan novel di Indonesia. Setiap tahun mungkin hanya di bawah 10 persen dari naskah yang masuk sempat diterbitkan dan dicetak, karena harus melalui proses antrian yang panjang,” ungkapnya.

Lalu, ada juga penerbit yang juga tidak memberikan di awal, tetapi setelah buku terjual.  Bisa dibayangkan bagaimana nasib penulis. Belum lagi proses penulisan hingga penerbitan yang memakan waktu sekitar 1 tahun. Jarang sekali penulis yang mendapatkan penghasilan bulanan. Dengan platform novel online ini, pembaca bisa secara langsung memberikan dukungan kepada penulis mereka.”

Meski belum sebanding dengan jerih payah yang penulis berikan, namun kami menetapkan bab berbayar. Tujuannya sangat jelas untuk memberikan penghasilan tambahan kepada para penulis. Sebagai platform digital ini bukan tujuan kami untuk mencari keuntungan semata, tetapi ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup penulis di Indonesia.

“Penulis harus dapat memiliki penghasilan tetap. Kami ingin menjadi naungan bagi para penulis yang ingin berkarya sekaligus memiliki penghasilan. Dengan memiliki penghasilan seperti ini, para penulis dapat terus produktif dan kerja keras mereka dihargai,” ujarnya.

Ia menambahkan, caranya sangat mudah, pembaca hanya perlu membuka halaman Saya di aplikasi NovelMe mereka dan menekan kata Koin untuk melakukan top up, setelah memilih nominal koin pembaca akan disuguhkan metode pilihan pembayaran, selanjutnya pembaca dapat menyelesaikan proses top up dengan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode pembayaran yang mereka pilih.

Komentar