aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Baru Dukung Kemajuan Industri E-Commerce Lokal

Thursday, 5 September 2019 19:55:57 WIB | Romauli Gultom
Cara Baru Dukung Kemajuan Industri E-Commerce Lokal
Ralali.com melahirkan on-demand platform bernama BIG Agent.

TABLOIDBINTANG.COM - Pelaku bisnis khususnya UMKM seringkali mengalami tantangan dalam mengembangkan bisnisnya. Baik keterbatasan waktu, relasi, belum lagi biaya upah SDM yang tidak sebanding dengan kualitas performa kerjanya.

Jika membahas kualitas SDM di Indonesia, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) 2019 proporsi penduduk yang umurnya 15 tahun ke atas yang punya ijazah tinggi hanya 8,8 persen, SMA hanya 26,4 persen, SMP 21,2 persen, SD paling banyak yakni 43,7 persen.

Fakta ini menunjukkan kualitas SDM yang dimiliki bangsa ini ternyata masih rendah, sedangkan dunia kini menghadapi era disrupsi 4.0 yang mempersyaratkan SDM unggul.

Sementara itu, permasalahan yang dialami oleh pelaku bisnis bukan saja dari sisi ketenagakerjaan, termasuk kesulitan memasarkan produk sampai dengan permodalan bisnis.

Memiliki misi untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis khususnya UMKM, Ralali.com sebagai online B2B marketplace di Indonesia, melihat adanya kesempatan berkontribusi menghadirkan inovasi teknologi guna mendukung ekonomi digital.

Oleh karena itu, pada akhir 2018 lalu Ralali.com melahirkan on-demand platform bernama BIG Agent. Agent yang sudah berpikir lebih jauh, untuk membantu bisnis menjadi lebih mudah dengan memberdayakan dan menghubungkan SDM Indonesia melalui platform.

“Dengan inovasi teknologi ini akan berdampak pada pengembangan bisnis yang lebih mudah. Kami ingin membawa platform ini sebagai wadah sumber daya manusia berbasis freelancer melek teknologi,” ujar Founder dan CEO Ralali.com, Joseph Aditya.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta Kementerian atau lembaga terkait mengembangkan E-commerce Roadmap dan berkolaborasi menyiapkan ekosistem lebih baik untuk kemajuan industri e-commerce lokal.

Komentar