aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Waspada Heat Stroke Saat Ikut Lomba Lari, Ini Gejalanya!

Wednesday, 19 December 2018 04:30:31 WIB | Wayan Diananto
Waspada Heat Stroke Saat Ikut Lomba Lari, Ini Gejalanya!
Olahraga lari masih digemari masyarakat. (Foto: Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Lomba lari masih menjadi tren tahun depan. Olahraga lari sepintas sederhana dan sangat mudah dilakukan. Namun spesialis kesehatan olahraga dari Rumah Sakit Premiere Bintaro Tangerang, dr. Hario Tilarso, SpKO, menjelaskan, ada banyak hal yang harus diwaspadai saat lari. Di antaranya, risiko terkena penyakit jantung dan heat stroke. Hario menjelaskan, serangan jantung yang terjadi saat lari tidak dapat dideteksi dengan mata telanjang.

"Memang butuh pemeriksaan jantung. Risiko lain yang juga mengancam nyawa, heat stroke atau sengatan panas. Ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Gejalanya antara lain larinya gontai, saat mendekati fisik ia mengigau, kemudian pingsan. Celakanya, panitia, peserta, atau awam sering menduga peserta yang kena heat stroke kesambet saat melintasi permakaman menuju garis finis," urai Hario dalam wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com di Jakarta, belum lama ini.

Jika sengatan panasnya sangat kuat, peserta bisa meninggal. Saat badan memanas dan penderita mengigau, Hario menyarankan agar peserta segera celupkan di bak berisi air dingin untuk menurunkan suhu badan. Lalu bawa penderita ke rumah sakit untuk diinfus. Lebih lanjut Hario menambahkan cuaca Jakarta yang panas dan lembap kurang cocok untuk lari jarak jauh. Cuaca dingin dan kering direkomendasikan khususnya suhu 20 sampai 25 derajat celsius.

Hario menyampaikan pemaparan itu dalam peluncuran Bangun Tjipta Golden Run 2018. Kegiatan yang ditargetkan menjaring 3.000 pelari ini mengusung tema "membangun apresiasi membangun prestasi." Memperebutkan total hadiah 150 juta rupiah, Bangun Tjipta Golden Run 2019 menyajikan sejumlah kategori yakni 5K untuk umum dan 5K untuk pelajar, 10K open (internasional), 10K master dan 10K closed (nasional).

"Pendaftaran dibuka mulai 24 November 2018. Sementara acaranya digelar pada 20 Januari tahun depan di Plaza Timur Senayan Jakarta," beber Ketua Panitia Perayaan 50 Tahun Bangun Tjipta Sarana Muhadjir Manan di Jakarta, belum lama ini.

Komentar