aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Keindahan Tenun dan Songket Karya Anna Mariana Mendapat Apresiasi Ibunda Jokowi

Monday, 9 April 2018 00:45:40 WIB | Romauli Gultom
Keindahan Tenun dan Songket Karya Anna Mariana Mendapat Apresiasi Ibunda Jokowi
Ibunda Presiden Jokowi mengapresiasi koleksi tenun dan songket rancangan Anna Mariana.

TABLOIDBINTANG.COM - Belum lama ini, Ibunda Presiden Jokowi Sudjiatmi Noto Mihardjo mengunjungi butik Tenun dan Songket karya desainer Anna Mariana di Kartika Utama Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Anna Mariana menuturkan kehadiran Ibunda Presiden Jokowi yang akrab disapa Eyang ini merupakan suatu kehormatan baginya. Eyang datang bersama tiga anak perempuannya, Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati serta adik ipar Jokowi, Musdalifah.

“Ini hanya kunjungan balasan, saya biasanya datang  bersilaturahmi ke Eyang kalau ke Solo. Kini, giliran Eyang dan keluarga datang ke Jakarta,” ujar Anna Mariana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/4).

Menurut Anna, keluarga Eyang Sudjiatmi sangat mencintai wastra Indonesia, termasuk tenun dan songket. Dalam setiap kesempatan berkunjung ke daerah, Eyang selalu menyempatkan waktu untuk datang ke sentra-sentra produksi kain melihat bagaimana kain-kain itu dibuat.

“Koleksi wastra milik Eyang juga adik-adik Pak Jokowi itu dari seluruh Nusantara, terutama tenun dan songket. Ada dari Bali, Betawi, NTT, Lombok,” jelas Anna yang pernah membuatkan busana untuk keluarga Presiden Jokowi.

Sepanjang kunjungan di butik Anna Mariana yang memajang ribuan kain tenun dan songket dari seluruh Nusantara itu, Eyang selalu berhenti  sesaat, mengamati teliti dengan mata kagum. Ia berjalan perlahan mengamati satu persatu, koleksi yang terpajang di ruang utama maupun ruang khusus  songket dan tenun Bali  dan Betawi milik Anna.

Anna mengungkapkan, Eyang kagum akan koleksi tenun dan songket rancangannya. Termasuk koleksi kain tenun yang sudah diubah Anna menjadi beragam barang interior, mulai dari tirai, kap lampu, perlengkapan set meja makan berikut alas makan, bantal kursi dan lain sebagainya. 

Anna berharap bisa mengadakan pergelaran budaya Indonesia di ajang New York Fashion Week dan New York Now, sekaligus peresmian butiknya House of  Marsya di New York.

(uli / gur)

Dok. tabloidbintang.com
Dok. tabloidbintang.com

Komentar