aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cantiknya Koleksi Ready to Wear dari Kain Tenun Bentenan di JFW 2021

Sunday, 29 November 2020 11:29:27 WIB | Romauli
Cantiknya Koleksi Ready to Wear dari Kain Tenun Bentenan di JFW 2021
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 kali ini turut diramaikan para desainer muda berbakat. Salah satunya Vionica Priskila yang terinspirasi kain tenun Bentenan dari Sulawesi Utara yang disulap menjadi koleksi ready to wear nan cantik. 

Mahasiswa fashion design di LaSalle College Jakarta ini menampilkan 8 looks dari koleksi terbarunya bertajuk “Réapparaître”, yang artinya muncul kembali.

"Ide ini berasal dari kisah perjalanan sejarah kain tenun Bentenan, kain tradisional dari Sulawesi Utara, yang pernah menghilang dari peradaban selama hampir 200 tahun, kemudian ditemukan kembali," kata Vionica Priskila.

Koleksi ini menggunakan kain Bentenan motif print dengan sentuhan gaya simple, feminin dan moderen yang memiliki tujuan untuk membangkitkan minat dan kesadaran generasi muda untuk melestarikan kain tradisional Indonesia, agar warisan budaya yang kita miliki tidak akan hilang. 

Nuansa merah digunakan dengan inspirasi dari salah satu dewi Sulawesi Utara yang bernama Warangkiran, yang berarti busana berwarna merah. Warna hitam dan putih diambil dari shade warna pada kain Bentenan yang berwarna merah.

Hasil karyanya ini merupakan bagian dari penyelesaian studi kuliahnya. Ia mengembangkan koleksi akhirnya yang berjudul “Réapparaître” yang ditampilkan dalam ajang JFW 2021.

Komentar