aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kain Sifon dan Satin Jadi Primadona Para Hijaber, Ini Kata Desainer

Monday, 6 April 2020 22:57:30 WIB | Adi Adrian
Kain Sifon dan Satin Jadi Primadona Para Hijaber, Ini Kata Desainer
Hijaber Mega Iskanti (IG)

TABLOIDBINTANG.COM - Hijab jadi pilihan gaya berbusana Muslimah di Indonesia. Pengertian hijab kini meluas, tak sebatas kerudung yang menutupi rambut.

Desainer produk tekstil dari ITB, Nurul Akriliyati, menyebut ada banyak kain yang bisa dipilih para hijaber. Kain sifon jadi primadona lantaran sifatnya ringan, lembut, udara mudah bertukar, sehingga pemakai nyaman.

Jatuhannya pun bagus. Awalnya kain sifon hanya dibuat dari benang sutra. Kini sifon dibuat dengan beragam jenis serat antara lain, kapas atau katun, rayon, nilon, poliester, atau campuran.

Selain sifon, ada bahan satin yang bagian luarnya tampak berkilau, sementara bagian dalam tidak. Kain satin juga bertekstur halus, lembut, dengan jatuhan indah. Karenanya sering dijadikan bahan baku busana muslim dan kerudung untuk pesta.

“Jika memilih baju muslim dan hijab dari kain jenis sifon maupun satin, perhatikan ia terbuat dari serat apa? Jika dari serat alam seperti katun, rayon, dan sutra, maka ia terasa nyaman karena menyerap air atau keringat,” ungkap Nurul dalam siaran pers yang diterima tabloidbintang.com, pekan ini.

“Jika dari serat sintetis seperti nilon dan poliester, kurang nyaman dipakai pada cuaca panas. Sayangnya, serat alam cepat kusam jika sering dipakai,” ia menambahkan. Karenanya, perlu siasat agar tampilannya tak cepat kusut.

“Saat mencuci, khusus untuk hijab masukkan lebih dulu ke kantung cuci. Baju muslimah berbahan lembut sebaiknya dicuci tangan, jangan menggosok terlalu keras, angin-anginkan tanpa langsung kena sinar matahari. Bagian luar kain diletakkan di dalam untuk menjaga warnanya,” Nurul menjelaskan.

Hijaber Mega Iskanti pun mengakui, merawat baju muslim itu susah-susah gampang. Yang berbahan sutra, sifon, atau satin, lebih baik dicuci dengan produk fabric care yang sesuai. Pakai sabun cuci yang lembut, kadang tidak cukup.

Merespons kebutuhan ini, Wings Care menghadirkan produk fabric care yang membuat perawatan hijab jadi lebih mudah.

“Ini membantu banget. Kalau ada pelembut dan pewangi yang bisa merawat baju muslim serta hijab, i will go for it. Produk ini membuat kain terasa lembut dan nyaman, lalu pemakai lebih percaya diri. Dengan percaya diri, kita tampak lebih cantik,” ujar Mega.

Komentar