aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Melihat Keindahan Batik Marunda dengan Motif Flora dan Fauna

Monday, 30 September 2019 14:07:36 WIB | Romauli Gultom
Melihat Keindahan Batik Marunda dengan Motif Flora dan Fauna
Meek Foundation menggandeng sejumlah brand  fashion lokal untuk berkolaborasi dan mempromosikan Batik Marunda agar lebih dikenal secara luas.

TABLOIDBINTANG.COM - Bicara soal batik tentu kita sangat mengenal beragam jenis batik dari seluruh daerah di Indonesia. Namun, tidak demikian popular dengan Batik Marunda yang ada berkat karya masyarakat yang tinggal di Rusunawa Marunda, Jakarta Utara.

Oleh karena itu, Meek Foundation menggandeng sejumlah brand  fashion lokal untuk berkolaborasi dan mempromosikan Batik Marunda agar lebih dikenal secara luas.

Batik asal Jakarta itu pun tampil dalam sebuah pergelaran busana berkolaborasi dengan tiga desainer kenamaan yaitu SAMASAMA, (X).S.M.L dan Mira Hadiprana for Indonesia untuk menampilkan koleksi terbaru dengan menggunakan batik Marunda.

Batik Marunda sendiri tercipta pada empat tahun lalu atas inisiatif Iriana Jokowi yang saat itu merupakan istri Gubernur DKI Jakarta. Ini dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan warga rusunawa Marunda. Dimana sejumlah wanita dibina untuk menghasilkan kain baru.  

Sekretaris Yayasan Meek Nusantara Mira Hadiprana mengatakan, batik Marunda didesain dengan unik agar bisa menyasar generasi milenial. Jika batik khas Jakarta identik dengan tugu Monas, sedangkan batik Marunda memiliki ciri khas flora dan fauna yang ada di Jakarta.

“Batik Marunda di desain oleh Wendy Sibarani. Namun, untuk pewarnaan diserahkan kepada masyarakat Marunda. Karena itulah, ada berbagai warna dengan warna dasar hitam, merah, orange dan hijau,” ujar Mira Hadiprana dalam acara Menyentuh Hati Mengubah Hidup di Plaza Indonesia, Jakarta.

Batik Marunda memiliki motif flora yaitu bunga melati, kembang telang dan anggrek. Sementara, untuk motif fauna, terdapat motif bebek, ikan hiu dan burung kipasan.

“Motif ini dipilih karena melihat Jakarta banyak menyimpan kekayaan spesies flora dan fauna. Seperti burung kipasan yang banyak terdapat di Pulau Seribu,” tutupnya. 

Komentar