aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kolaborasi Leny Rafael - Batik Warisan Menyongsong ASC New York Fashion Week

Wednesday, 21 August 2019 10:15:41 WIB | Ari Kurniawan
Kolaborasi Leny Rafael - Batik Warisan Menyongsong ASC New York Fashion Week
Leny Rafael dan Fetty Kwartati. (Ari/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Tak kurang dari 11 desainer kenamaan Indonesia bakal ambil bagian di ajang ASC New York Fashion Week, yang akan diselenggarakan 8 September 2019 mendatang. Salah satunya Leny Rafael.

Kali ini, Leny bakal memamerkan hasil karyanya lewat sebuah berkolaborasi dengan Batik Warisan, yang merupakan napas baru batik tradisional Indonesia. Leny tema "Beyond the beauty of Hong", yang menggambarkan keindahan tersembunyi dari sosok burung Hong.

"Memang tidak banyak yang tahu apa itu burung Hong. Dalam masyarakat tionghoa, Hong merupakan seekor hewan legenda yang melambangkan keabadian dan keindahan, selain itu Hong juga mempunyai warna bulu yang indah. Kebanyakan orang mengenal burung Hong ini sebagai Poenix,"  jelas Fetty Kwartati pemilik Batik Warisan.

"Lewat filosofi itu, kami ingin menggambarkan keindahan legendaris itu lewat batik dan ingin membuat kain batik itu dikenal selamanya, tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara " lanjutnya. 

Dengan membawa 12 looks baju, Leny dan Batik Warisan akan memperlihatkan rancangan gaun indah dengan konsep Cultural Glamour.

"Kenapa Cultural Glamour, karena di show kali ini kita mau memperlihatkan sebuah karya modest berdesign glamour dengan sentuhan budaya tradisional batik, bahan-bahannya mulai dari sutra, organza, batu-batuan kristal dan tentu saja kain batik yang akan mendominan ," papar Leny Rafael.

Leny dan Batik Warisan berharap, lewat karyanya kali ini, bisa membuat batik tetap lestari, berkembang, dan berevolusi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga bisa membuktikan bahwa modernitas bisa bersanding dengan budaya leluhur terdahulu, yaitu, Batik.

(ari)

Komentar