aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Nina Nugroho Bawa Tenun Sutra Garut ke ASC New York Fashion Week 2019

Tuesday, 20 August 2019 15:15:23 WIB | Abdul Rahman Syaukani
Nina Nugroho Bawa Tenun Sutra Garut ke ASC New York Fashion Week 2019
Nina Nugroho akan membawa tenun sutra Garut ke New York. (Rahman/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah desainer Tanah Air siap memamerkan koleksi busana mereka di ajang ASC New York Fashion Week yang akan digelar pada 3 sampai 15 September 2019 mendatang. Salah satunya adalah desainer Nina Septiana yang juga dikenal dengan sebutan desainer Nina nugroho.

Di ajang ASC New York Fashion Week 2019 nanti, Nina Nugroho akan membawakan karya bertema "Emergence" yang berarti muncul ke permukaan. Nina Nugroho akan membawa tenun sutra Garut yang diselaraskan dengan ciri khas model rancangannya.

"Filosofi muncul kepermukaan ini terkoneksi pengibaratannya antara proses pembuatan kain tenun sutra Garut yang menjadi bahan dasar ide desain busana dan juga dengan Brand Nina Nugroho," ucap Nina dalam rilis pers yang diedarkan ke media, Senin (19/8).

Nina Nugroho (Rahman/tabloidbintang.com)
Nina Nugroho (Rahman/tabloidbintang.com)

Nina Nugroho sengaja membawa tenun Sutra Garut di ASC New York Fashion Week dengan tujuan hendak memperlihatkan identitas budaya Indonesia di pentas mode internasional.

"Kami ingin menjadi bagian yang turut memunculkan kain Tenun Sutra Garut ke permukaan dunia (emergence). Ini persembahan Nina Nugroho untuk masyarakat Garut," tuturnya.

"Terutama para pengrajin Tenun Sutra Garut bahwa kearifan lokal ini dapat dipersembahkan dengan cara yang berbeda. Tidak hanya didesain secara etnik, tetapi juga bisa menjadi padu padan dalam desain busana kerja yang mewah," imbuh Nina Nogroho.

Bahan yang digunakan Nina Nugroho adalah bahan tenun sutra ATBM Garut motif geometris dengan warna-warna natural bernuansa putih tulang, cokelat, hijau, biru dan sedikit marun. Berpadu dengan bahan jacquard premium warna soft gold dan brukat berwarna senada sebagai pemanis.

Untuk memberikan kesan feminin dalam rancangannya, Nina Nugroho memilih bahan brocade modern bermotif geometris yang dipayet menggunakan payet jenis piring, yang keseluruhannya berwarna soft gold. Koleksi busana Nina Nugroho ini terasa semakin mewah dengan adanya taburan Swarovski berukuran sedang dan kecil pada sejumlah bagian busana.

(man)

Komentar