aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ira Hanira - Fajar Nugraha, Membantu Pengrajin Lokal Lewat Adorable Projects

Tuesday, 11 September 2018 03:00:23 WIB | Agestia Jatilarasati
Ira Hanira - Fajar Nugraha, Membantu Pengrajin Lokal Lewat Adorable Projects
Ira dan Fajar sengaja menggandeng pengrajin Bandung dengan tujuan menaikkan citra produk buatan pengrajin lokal. (dok. Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Ira Hanira (32) dan Fajar Nugraha (32) mendirikan lini bisnis Adorable Projects pada 2008. Awalnya mereka menjual produk aksesori seperti kalung, cincin, dan gelang. Di tahun 2010, Adorable Projects melebarkan sayap dengan menjual sepatu.

Sukses menjual sepatu, Ira mulai melirik tas sebagai produk yang potensial untuk Adorable Projects. “Di tahun 2011 sampai 2013 itu kami research and development produk sepatu dan tas. Kami bekerja sama dengan beberapa pengrajin untuk membuat sepatu dan tas. Kini kurang lebih ada 43 pengrajin sepatu dan tas di Bandung yang bekerja sama dengan kami,” akunya bangga.

Ira dan Fajar sengaja menggandeng pengrajin Bandung dengan tujuan menaikkan citra produk buatan pengrajin lokal mengingat sekitar 70 persen produk yang beredar di e-commerce Indonesia saat ini adalah produk impor.  “Padahal kita punya sumber daya yang saya yakin mampu bersaing,” Ira menukas.

Ira Hanira dan Fajar (dok. ribadi)
Ira Hanira dan Fajar (dok. ribadi)

Produk Adorable Projects tak hanya diterima masyarakat Indonesia melainkan merambah pasar mancanegara seperti Amerika Serikat, Australia, Thailand, Arab, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura, dengan angka penjualan mencapai 10 ribu sampai 15 ribu buah produk per bulan.

Ira dan Fajar kini menyediakan 32 customer service yang dibagi perwilayah di Indonesia agar pesanan yang masuk lebih tertata. “Total pekerja sekarang 105 orang, 23 di antaranya pengrajin senior yang menangani pembuatan sepatu kustom. Selain pemesanan lewat customer service, bisa juga melalui situs web www.adorableprojects.com dan di situs web Adorable Projects,” beri tahu Fajar.

(ages/bin) 
 

Komentar