aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kisah Ira Hanira dan Fajar Nugraha Berbisnis Fesyen dengan Modal Minim

Tuesday, 11 September 2018 01:00:23 WIB | Agestia Jatilarasati
Kisah Ira Hanira dan Fajar Nugraha Berbisnis Fesyen dengan Modal Minim
Ira Hanira dan Fajar Nugraha mendirikan Adorable Projects sejak tahun 2008 (dok. Pribadi)

TABLOIDBINTANG.COM - Produk fesyen wanita buatan lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dibandingkan produk luar. Adorable Projects salah satunya. Didirkan oleh Ira Hanira (32) dan Fajar Nugraha (32) sejak tahun 2008, Adorable Projects yang berasal dari Bandung menjelma menjadi salah satu merek lokal terdepan. Selain karena modelnya yang kekinian, harga yang dibanderol juga terjangkau.   

Adorable Projects awalnya belum sebagai bisnis melainkan hanya produk aksesori seperti kalung, cincin, dan gelang. Ira yang menggemari fesyen kerap membuat aksesori sendiri. Dari sana, banyak temannya tertarik untuk dibuatkan sampai akhirnya Ira menangkapnya sebagai peluang bisnis. Dibantu oleh Fajar, Ira mulai membuat sejumlah kalung untuk dijual. 

“Untuk membuat aksesori modalnya 182 ribu rupiah. Uang itu digunakan untuk membeli limbah akrilik sebagai bahan baku,” buka Fajar. “Modal segitu bisa saya kreasikan menjadi lebih dari 20 buah aksesori yang saya jual seharga 35 ribu sampai 100 ribu rupiah,” sambung Ira. 

Membantu Ira di bagian pemasaran, Fajar memasarkan produknya via media sosial seperti Friendster, Facebook, dan Twitter. Tak disangka, hanya dalam waktu tiga menit, ada 50 orang yang berminat untuk membeli hasil karya Ira. “Soal nama Adorable Projects itu saya yang memilih karena saya suka barang-barang yang lucu dan adorable,” ungkap Ira.

Ira Hanira dan Fajar Nugraha mendirikan Adorable Projects sejak tahun 2008 (dok. Instagram)
Ira Hanira dan Fajar Nugraha mendirikan Adorable Projects sejak tahun 2008 (dok. Instagram)

Di tahun 2010, Adorable Projects melebarkan sayap dengan menjual sepatu. “Karena banyak pembeli yang meminta untuk membuat sepatu akhirnya kami mengabulkannya. Pikir kami saat itu, Bandung, kan kaya akan pengrajin sepatu yang bagus lalu kenapa enggak dimanfaatkan? Akhirnya kami buat sepatu di akhir tahun 2010,” ungkap Fajar.

Desain sepatu dibuat oleh Ira. Walau awam tentang fesyen, lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Nasional, Bandung, ini mampu menciptakan desain sepatu cantik nan kekinian dengan harga terjangkau, dari 125 ribu sampai 295 ribu rupiah.  Setelah sepatu,  Adorable Projects ekspansi ke produk tas 

(ages/bin)

Komentar