aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Menurut Ahli, Mengikat Rambut Kuncir Kuda Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Monday, 24 October 2016 22:45:19 WIB | aura.co.id
Menurut Ahli, Mengikat Rambut Kuncir Kuda Bisa Menyebabkan Sakit Kepala
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak wanita berambut panjang yang menggemari model rambut kuncir kuda. Karena tampilan Anda akan terlihat sempurna tanpa perlu membutuhkan keahlian khusus dan waktu yang banyak untuk melakukannya.

Namun, seperti banyak diisukan bahwa kuncir kuda bisa memicu sakit kepala, maka neurolog Denise E. Chou memberikan penjelasannya berikut.

Menurutnya, kebanyakan wanita yang mengalami sakit kepala ketika menerapkan kuncir kuda biasanya memang sudah rentan mengalami migrain.

"Pasien tidak menyadari bahwa mereka mengalami migrain karena kerap kali tidak terdiagnosis. Migrain menyerang sekitar 12% populasi dan sekitar 18% di antaranya adalah wanita," tuturnya seperti dilansir laman Seventeen.

Hal ini menyebabkan saraf di bagian wajah dan kulit kepala menjadi sangat sensitif.

"Ketika Anda menguncir rambut dengan kencang, atau melakukan weave atau ekstensi rambut, hal ini menyebabkan saraf pada kulit kepala Anda tertarik. Tarikan tersebut akan semakin mengaktifkan sensor saraf. Akibatnya, timbul sakit kepala atau bisa juga sakit kepala merupakan pertanda saraf-saraf tersebut tertarik."

Fenomena ini disebut cutaneous allodynia. "Menguncir rambut seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, bisa dianggap sebagai pemicu munculnya serangan migrain."

Denise menambahkan: "Meskipun Anda tidak sering mengalami migrain, semua orang rentan mengalami rasa sakit ini karena tekanan fisik tersebut mengaktifkan sensor saraf tersebut."

Untuk mengatasinya sakit kepala tersebut, Denise menyarankan untuk mengurangi menguncir rambut dengan kencang, baik mencepol rambut, atau kuncir kuda yang bisa meremas kulit kepala Anda. Jika tetap ingin menguncir rambut, jangan ikat rambut terlalu kencang dan mengikatnya setiap hari.

AURA

Komentar