aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Berat Badan Ideal Saya Berapa, Ya?

Thursday, 20 October 2016 03:45:09 WIB | AURA
Berat Badan Ideal Saya Berapa, Ya?
ilustrasi (Dok. Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak wanita yang menganggap bahwa berat badan ideal akan membuat tampilan fisik mereka sempurna (sesuai dengan penilaian mereka tentunya). Padahal, berat badan yang ideal sama sekali tidak berkaitan dengan tampilan bentuk fisik tubuh. 

Menurut ahli gizi Rebecca Scritchfield, wanita cenderung menganggap berat badan sebagai hal yang eksternal dengan mengajukan pertanyaan: Apakah gaun saya masih muat di tubuh saya? dan berbagai pertanyaan lainnya yang justru membuat berat badan hanya sebagai permainan angka. 

"Berat badan yang sehat bukan tentang satu angka spesifik yang berlaku bagi semua orang. Rentang berat badan seseorang tergantung dari berbagai faktor seperti faktor genetik dan gaya hidup," kata Rebecca. 

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda dan tidak ada bentuk tubuh yang lebih sehat dibandingkan bentuk tubuh yang lain. 

Meskipun, angka yang muncul pada timbangan tidak menjadi penentu kesehatan Anda, namun kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan pastinya akan membawa dampak negatif bagi kesehatan jangka panjang Anda.

Oleh karenanya, berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda mendapatkan gambaran tentang berat yang sesuai untuk Anda:

Gunakan A Body Shape Index (ABSI)

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh para psikolog dari University of California, Body Mass Index dianggap tidak akurat dalam mengukur kesehatan seseorang. Anda disarankan untuk menggunakan ABSI, yang dikatakan lebih akurat, seperti dilansir laman Redbook. Sebagai pedoman, lingkar pinggang di atas 35 inci dan lemak tubuh di atas 32% merupakan indikator berat badan yang dikategorikan kurang sehat. 

Perubahan berat badan tidak perlu dikhawatirkan

Menurut Rebecca peningkatan berat badan yang sedikit merupakan hal wajar, kecuali jika terjadi peningkatan berat badan secara drastis. "Perubahan biologis dan hormonal yang muncul di usia 30an, setelah kehamilan bisa memengaruhi berat badan Anda. 

Tubuh tidak menghalangi aktivitas fisik

Apabila mobilitas Anda berkurang, itu bisa menjadi pertanda bahwa berat badan Anda menjadi masalahnya. Misalnya, Anda yang biasa berlari sejauh 1 mil setiap 10 menit, kini bahkan kesulitan membungkuk mengikat tali sepatu. Hal ini bisa jadi pertanda berat badan Anda memengaruhi kesehatan Anda. 

Pemeriksaan rutin

Apabila tekanan darah dan kolesterol Anda normal maka tubuh Anda bisa dibilang dalam keadaan yang sehat. 

AURA.CO.ID

Komentar