aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Seberapa Akurat Tes DNA untuk Menentukan Kepastian Hubungan Darah?

Wednesday, 19 October 2016 19:40:07 WIB | Andira Putri
Seberapa Akurat Tes DNA untuk Menentukan Kepastian Hubungan Darah?
Ilustrasi (depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Belakangan ini, aksi melakukan tes DNA marak disebut oleh kalangan selebriti. Sejumlah kasus yang menimpa selebriti seperti Mario Teguh dan Gatot Brajamusti dianggap dapat selesai hanya dengan tes DNA.

Lantas seberapa akurat hasil dari tes DNA itu sendiri?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus mengetahui lebih dulu definisi dan metode tes DNA.

DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid, sebuah asam nukleat yang memiliki informasi tentang materi genetik.

DNA terletak di dalam inti sel dan mitokondria dalam tubuh manusia. Karena memiliki informasi tentang materi genetik, DNA dapat menentukan ciri khusus dalam penampilan manusia. Contohnya adalah warna kulit dan jenis rambut seseorang.

DNA kemudian membentuk suatu untaian yang disebut kromosom. Kromosom dalam diri seseorang terdiri dari campuran kromosom ayah dan ibunya. Ini yang menjadi dasar kemiripan seseorang dengan kedua orangtuanya.

Hal di atas membuat tes DNA menjadi pilihan utama untuk menentukan hubungan darah seseorang. Ada berbagai macam metode tes DNA untuk kepentingan berbeda.

Salah satunya adalah tes paternitas dan maternitas untuk mengetahui apakah Anda adalah ayah atau ibu kandung seseorang. 

Dok. tabloidbintang.com
Dok. tabloidbintang.com

Metode tes DNA sebagian besar dilakukan melalui pengambilan sample darah atau jaringan.

Namun, tes DNA juga bisa dilakukan dengan sample yang terdapat di bagian tubuh lain seperti sample atau air liur. Sample ini kemudian akan diuji di laboratorium dan dilihat kemiripan pola DNA antara anak dan orangtua.

Butuh waktu beberapa hari bahkan minggu untuk mengetahui hasil tes DNA tersebut. 

Kembali lagi ke pertanyaan utama, seberapa akurat hasil tes DNA tersebut?

Tes DNA menawarkan akurasi 99.99%. Akurasi tersebut umumnya bisa dilihat dari kemiripan pola DNA antara dua orang di lebih dari 15 lokasi genom manusia (pasangan kromosom).

Semakin banyak lokasi yang diuji, semakin akurat tes DNA seseorang. Ini berarti jika Anda memiliki banyak kemiripan pola DNA di lokasi berbeda dengan seseorang, besar kemungkinan bahwa Anda adalah ayah, ibu, atau anak orang tersebut.

dari Berbagai Sumber

(dira/gur)

Komentar