aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Obat Kumur Tidak Boleh Digunakan Lebih dari 3 Kali dalam Seminggu

Sunday, 9 October 2016 09:00:13 WIB | AURA
Obat Kumur Tidak Boleh Digunakan Lebih dari 3 Kali dalam Seminggu
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - DALAM rongga mulut terdapat lebih dari 250 jenis bakteri gigi. Jenis bakteri pun ada yang baik dan yang jahat.

Bakteri jahat tentu harus dibersihkan. Untuk mematikannya, umumnya orang menyikat gigi dan menggunakan obat kumur (mouthwash) secara teratur.

Tapi tahukah Anda, ternyata penggunaan obat kumur  tidak bisa berlebihan, apalagi digunakan setiap hari.

Menurut Founder Oktri Manesa Dental Clinic (OMDC), drg. Oktri Manesa, obat kumur digunakan hanya untuk menjaga keseimbangan lingkungan mulut.

"Sebaiknya membersihkan bakteri di mulut adalah dengan menyikat gigi. Sedangkan, menggunakan mouthwash cukup seperlunya saja karena ini beda dengan sikat gigi. Saya saja meresepkan mouthwash hanya untuk mereka yang mengalami pendarahan karang gigi untuk mengurangi pendarahan dan mengurangi radang atau akibat pencabutan yang agak banyak. Jadi gunakan mouthwash seperlunya," ujar Oktri saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Oktri menambahkan, obat kumur bisa membantu menjaga kesehatan mulut ketika sariawan. Selebihnya, tidak ada rekomendasi yang jelas terkait penggunaan mouthwash namun dia tidak menyarankan penggunaan cairan ini lebih dari tiga kali seminggu.

AURA.CO.ID

Komentar