aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Harus Tes Darah tapi Fobia Jarum Suntik, Ini Solusinya

Wednesday, 28 September 2016 08:20:46 WIB | aura.co.id
Harus Tes Darah tapi Fobia Jarum Suntik, Ini Solusinya
Ilustrasi (Dok. Bigstock)

TABLOIDBINTANG.COM - Cukup banyak gejala penyakit yang harus diperiksakan melalui proses tes darah. Hal ini cukup menyulitkan bagi mereka yang memiliki fobia jarum suntik. Ingin mengobati sakit yang diderita, tapi harus menghadapi rasa sakit terlebih dulu. Bagaimana, tuh?

Dokter Rekian Nurul S, customer service doctor untuk Prodia Kampung Melayu, Jakarta, mengatakan, tidak ada alternatif pengganti yang bisa dipilih mereka yang fobia jarum suntik. Akan tetapi, rasa takut masih bisa diminimalkan dengan melakukan cara-cara tertentu.

“Seseorang yang fobia jarum suntik bisa mendatangi laboratorium tepercaya yang memiliki tenaga medis yang sudah terlatih dan cukup profesional di bidangnya,” ujar Rekian. Dengan cara ini, risiko-risiko tindakan medis yang menambah rasa takut atau trauma dapat dihindari.

Bila pilihan untuk datang ke laboratorium tepercaya belum dirasa cukup menenangkan, para fobia jarum suntik bisa menggunakan needle wing atau jarum kecil yang biasa digunakan untuk anak-anak. Hanya saja Rekian menegaskan, ini adalah pilihan paling terakhir, pada kondisi dan ketentuan tertentu.

“Pengambilan darah menggunakan needle wing bisa menjadi solusi, namun dengan disertai catatan, terutama terkait anatomis pasien,” ujar Rekian. “Lagipula needle wing ini harganya cukup mahal,” imbuhnya.

Jadi, cukup jadikan ini sebagai pilihan terakhir, ya.

(wida/wida)

AURA.CO.ID

Komentar