aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

8 Makanan-Minuman Ini Tidak Akan Mengalami Masa Kedaluwarsa

Thursday, 15 September 2016 05:15:36 WIB | aura.co.id
8 Makanan-Minuman Ini Tidak Akan Mengalami Masa Kedaluwarsa
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Sebelum membeli makanan biasanya Anda akan memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Namun, Anda tidak perlu memperkirakan berapa lama jangka waktu pemakaian makanan berikut, pasalnya beberapa makanan tersebut tidak akan kedaluwarsa.

1. Madu

Madu memiliki enzim yang menghambat pertumbuhan bakteri sehingga makanan ini dapat bertahan lama. Cukup simpan madu dalam wadah tertutup untuk menghindari kristalisasi. Jika madu mengeras, tempatkan botol madu pada mangkuk yang berisi air hangat dan aduk madu hingga menjadi cair kembali.

2. Cuka putih

Tingkat keasaman yang tinggi membuat cuka putih bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Ekstrak vanilla

Hanya ekstrak vanilla 100% murni yang bisa tahan lama. Karena, kandungan alkohol di dalamnya membuat ekstrak vanilla tetap segar.

4. Kacang-kacangan kering (dried beans)

Kanduangan protein dan serat yang tinggi serta rendah sodium, membuat kacang bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Beda halnya dengan kacang kalengan yang justru mengandung sodium yang tinggi.

5. Beras

Berbagai jenis beras masih akan tetap baik jika dikonsumsi dalam hitungan tahun, asalkan Anda menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat agar terhindar dari gangguan serangga, seperti dilansir laman PureWow.

6. Garam

Garam atau sodium klorida merupakan mineral yang alami yang terdapat di bumi, sehingga garam bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama. Namun, iodisasi garam bisa mengurangi umur garam hingga lima tahun. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi garam kosher atau garam laut.

7. Gula

Sama halnya dengan garam, gula juga memiliki umur pemakaian yang panjang karena gula bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Namun, gula biasanya akan mengering seiring berjalannya waktu, untuk itu Anda perlu menghaluskannya.

8. Kopi instan

Berbeda dengan bubuk kopi alami, kopi instan tidak memiliki kelembapan di dalamnya sehingga bisa bertahan lama.

AURA.CO.ID

Komentar