aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Awas, Jangan Anggap Enteng Tangan Berkeringat

Thursday, 18 August 2016 06:30:12 WIB | AURA
Awas, Jangan Anggap Enteng Tangan Berkeringat
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - APAKAH telapak tangan Anda mudah berkeringat? Jika ya, sebaiknya cari tahu apa penyebabnya.

Gangguan ini merupakan keluhan yang sangat mengganggu dan membuat Anda merasa tak nyaman dan kurang percaya diri saat bertemu dengan orang lain dan bersalaman.

Apabila Anda mengalami hal ini, jangan terlalu khawatir karena ada beberapa solusi yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut, sebagaimana dilansir Medic Magic berikut ini:

Cari Tahu Penyebabnya

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengalami telapak tangan berkeringat adalah mengetahui apa penyebabnya. Hampir setiap orang pernah mengalami keluhan ini, tapi telapak tangan berkeringat biasanya terjadi karena sesuatu hal yang disebabkan oleh stres atau kecemasan.

Misalnya, saat seseorang tidak bisa menjawab pertanyaan dalam ujian, biasanya mereka akan berkeringat. Namun, ada juga orang-orang yang mengalami masalah ini setiap hari dan tidak bisa mengendalikannya.

Gangguan ini terjadi karena sistem saraf tidak sadar tidak bekerja dengan baik dan sinyal palsu yang dikirimkan dari otak ke saraf keringat.

Segera Cari Solusi

Orang yang kelebihan berat badan memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah dengan telapak tangan berkeringat. Kelebihan berat badan mendorong tubuh untuk bekerja lebih keras. Hal tersebut dapat menyebabkan keringat berlebihan.

Namun, jika Anda menurunkan berat badan maka kemungkinannya jumlah keringat yang keluar akan berkurang.

Bawa Sapu Tangan

Membawa sapu tangan yang diletakan di saku akan membuat Anda lebih mudah untuk mengeringkan keringat di telapak tangan. Selain itu, Anda dapat gunakan  produk antiperspirant untuk tangan dan kaki. Produk ini akan menjaga tangan dan kaki tetap kering.

Banyak atlet menggunakan produk yang disebut Tite-Grip untuk menjaga tangan mereka tetap kering saat bermain bowling, golf, tenis, angkat besi dan olahraga lain yang memerlukan tangan mereka tetap kering.

Operasi

Pilihan akhir, Anda harus memahami bahwa metode apapun yang dipilih untuk membuat telapak tangan kering sifatnya hanya sementara. Satu-satunya cara untuk menyembuhkan secara permanen adalah dengan operasi. Secara teknis, masalah telapak tangan berkeringat disebut hiperhidrosis dan operasi untuk mengatasi masalah ini disebut simpatektomi thoracoscopic.

Tindakan operasi tidak harus dirawat di rumah sakit dan memiliki tingkat keberhasilan 98 persen.

(uli/gur)

AURA.CO.ID

Komentar