aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Deteksi Kesehatan Tubuh Lewat Warna Urine

Tuesday, 12 April 2016 23:00:21 WIB | Redaksi
Deteksi Kesehatan Tubuh Lewat Warna Urine
Ilustrasi warna urine

TABLOIDBINTANG.COM - Urine merupakan hasil pembuangan sisa-sisa proses dalam tubuh kita.

Namun, beberapa penelitian menunjukan bahwa warna urine juga bisa menujukkan kondisi kesehatan tubuh kita.

Jadi, biasakan untuk mengkontrol warna-warna urin di bawah ini yang dilansir dari Mirorr.co.uk.

1.    Clear/Transparan

Urine berwarna transparan menandakan bahwa kesehatan kita sedang baik. Perlu diperhatikan, meskipun memiliki tubuh yang terhidrasi dengan sangat baik, juga bisa menandakan bahwa kita kelebihan hidrasi atau bahkan bisa menjadi tanda diabetes. Jika menunjukkan gejala diabetes, seperti peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil, maka kita harus berkonsultasi dengan dokter.

2.    Kuning Pucat

Tubuh yang sehat menghasilkan urine yang tidak terlalu gelap, yang menandakan bahwa Anda terhidrasi dengan baik.


3.    Kuning Cerah

Warna ini cukup baik. Dalam hali ini urin kita terlalu banyak mengandung vitamin B, Riboflavin (B2) secara alami terkena sinar UV, sehingga membuat proses buang air kecil tampak sedikit memiliki warna yang mengkhawatirkan.

4.    Kuning Gelap

Ini merupakan tanda bahwa kita tidak minum cukup air, dan pada akhirnya membuatnya menjadi lebih gelap. Maka dari itu perbanyak lah minum air putih setiap hari. Agar membuat tubuh terutama ginjal kita menjadi sehat.

5.    Coklat

Urine coklat bisa menandakan adanya darah dalam urin atau berpotensi memiliki gangguan hati atau ginjal. Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa kita sudah lembur otot hingga yang melepaskan zat yang disebut myoglobin hingga berubah menjadi cokelat urin. Infeksi saluran kemih dan gangguan hati, seperti sirosis, penyebab lainnya.

6.    Hijau

Warna ini timbul karena efek dari pewarna makanan baik yang alami maupun tidak masuk kedalam tubuh. Jadi tidak perlu terlalu khawatir. Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna lain, maka warna urin juga mengikuti warna makanan yang kita makan tadinya.

7.    Biru

Urine biru sebagian besar disebabkan oleh makanan atau obat yang telah dikonsumsi. Triamterene, Rinsapin dan Viagra merupakan semua obat yang dapat menyebabkan urine kita memiliki semburat biru bersama dengan pil lain yang menggunakan pewarna biru.

8.    Oranye

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, dehidrasi dapat menyebabkan warna urin gelap yang kadang-kadang dapat muncul oranye. Penyakit kuning juga bisa menjadi faktor di sini. Menyebabkan empedu muncul di urine kita yang memberikan sebuah warna oranye. Jika perubahan dalam warna makanan-terkait, maka akan mungkin hanya berlangsung satu atau dua hari paling banyak. Jika berlangsung lebih dari beberapa hari, kita harus berkonsultasi dengan dokter.

(sania/gur)

Komentar